Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan struktur teks prosedur yang berupa judul, tujuan, alat/bahan, dan tahapan yang ditulis siswa kelas VII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca, mengelompokkan, menabulasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui sebagian besar judul teks prosedur yang ditulis berupa cara melakukan atau menggunakan sesuatu dan judul yang ditulis sesuai syarat judul yang baik. Seluruh tujuan teks prosedur ditulis berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan penulisan dan menggunakan pilihan kata yang menarik. Sebagian besar bahan/alat teks prosedur ditulis berupa daftar rincian. Bahan/alat sebagian ditulis dengan ukuran yang rinci dan akurat sebagian tidak, dan tidak ditulis dengan ukuran yang rinci dan akurat. Sebagian besar tahapan teks prosedur menggunakan bentuk penomoran pada setiap langkah dan terdapat penggunaan kata penghubung waktu, kata penghubung tujuan, kata penghubung urutan, kalimat perintah dan kalimat larangan.

Article Details

How to Cite
Desti Ayunisyah, S., Arifin, M., & Yulistio, D. (2020). ANALISIS STRUKTUR TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 118–127. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8346

References

  1. Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kosasih, E., dan Kurniawan, Endang. 2018. Jenis-jenis Teks; Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
  3. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Saddhono, Kundharu, dan Slamet, St. Y. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Susetyo. 2014. Menulis Akademik. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Unib