Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis kritik siswa XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah SMA Negeri 5 berjumlah 33 siswa, SMA Negeri 2 berjumlah 27 siswa, SMA Negeri 1 berjumlah 19 siswa, dan SMA Negeri 8 berjumlah 31 siswa, sehingga jumlah keseluruhan  110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian adalah teks kegunaan menulis kritik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis kritik siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri Kota Bengkulu dengan nilai rata-rata 66.92 berkatagori cukup. Kemampuan menulis kritik siswa SMAN 5, hasil penelitiannya (1) aspek struktur sebesar 19.72 katagori baik (2) aspek isi sebesar 17.51 katagori baik (3) aspek kelimat efektif sebesar 14.57 katagori baik (4) aspek diksi sebesar 10.45 katagori baik (5) aspek ejaan sebesar 7.81 katagori baik; siswa SMAN 2 hasil penelitiannya (1) aspek struktur sebesar 21.03 katagori baik (2) aspek isi sebesar 18.03 katagori baik (3) aspek kalimat efektif sebesar 14.44 katagori baik (4) aspek diksi sebesar 8.59 katagori cukup (5) aspek ejaan sebesar 7.03 katagori baik; siswa SMAN 1 hasil penelitiannya (1) aspek struktur sebesar 19.47 katagori baik (2) aspek isi sebesar 13.36 katagori cukup (3) aspek kalimat efektif sebesar 13.18 katagori baik (4) aspek diksi sebesar 7.31 katagori cukup (5) aspek ejaan sebesar 6.81 katagori cukup; siswa SMAN 8 hasil penelitiannya (1) aspek struktur sebesar 19.69 katagori baik (2) aspek isi sebesar 16.80 katagori baik (3) aspek kalimat efektif sebesar 14.19 katagori (4) aspek diksi  sebesar 9.11 katagori cukup (5) aspek ejaan  sebesar 7.88 katagori baik.

Article Details

How to Cite
Hikmah, A., Utomo, P., & Yulistio, D. (2019). Kemampuan Menulis Kritik Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 269–275. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.8349

References

  1. Akhadiah, Sabarti. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
  3. Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.
  5. Suharta, Made. 2016. Kritik Sastra. Malang: Wineka Media.
  6. Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT. Angkasa.
  7. Sugiyono, Dkk. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  8. Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Penerbit. Kanisius.