Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 45 butir soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu statitiska sederhana dengan menghitung nilai rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Penelitian ini dinilai berdasarkan empat aspek dalam menyimak berita, yaitu: menemukan unsur berita, memahami isi (topik dan pokok berita), menyimpulkan berita, dan menanggapi isi berita. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menemukan unsur berita adalah 94,2, berkategori sangat baik, (2) rata-rata kemampuan menyimak berita dengan memahami isi berita adalah 80,32, berkategori baik, (3) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menyimpulkan berita adalah 72,34, berkategori cukup, (4) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menanggapi berita adalah 81,91, beraktegori baik, dan (5) rata-rata nilai akhir dari penelitian kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019 adalah 90,57, berkategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu dapat menyimak berita dengan sangat baik, meskipun ada beberapa siswa dalam menyimak berita masih dinyatakan kurang, tetapi secara keseluruhan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019 dinyatakan sangat baik
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anjani, Yullida Fery (2017). Analisis Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Teori Anderson dan Krathwol Pada Peserta Didik Kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linear. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
- Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Zaenuddin, H.M. 2011. The Journalist. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.
- Oramahi, H. A. 2012. Jurnalistik Radio. Jakarta: ERLANGGA
- Romli, A. S. 2005. Jurnalistik Terapan. Bandung: BaticPress.
- Romli, A.S. 2009. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Saddhono, Kundharu, Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: GRAHAILMU.
- Tarigan, Henry Guntur 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Yulistio, Didi 2001. Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit UNIB
- Press
References
Anjani, Yullida Fery (2017). Analisis Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Teori Anderson dan Krathwol Pada Peserta Didik Kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linear. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Zaenuddin, H.M. 2011. The Journalist. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.
Oramahi, H. A. 2012. Jurnalistik Radio. Jakarta: ERLANGGA
Romli, A. S. 2005. Jurnalistik Terapan. Bandung: BaticPress.
Romli, A.S. 2009. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saddhono, Kundharu, Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: GRAHAILMU.
Tarigan, Henry Guntur 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yulistio, Didi 2001. Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit UNIB
Press