Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan cerita asal usul buteu jung di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, (2) Mendeskripsikan fungsi cerita asal usul Buteu Jung di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian  kualitatif deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi pada objek apa adanya. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Data yang di peroleh adalah Cerita Asal Usul Buteu Jung dan Sumber Data di dapat dari 3 narasumber. Hasil penelitian ini adalah bahwa cerita asal usul buteu jung merupakan legenda, dan tergolong ke dalam legenda setempat. Dibuktikan dengan di dalam cerita terdapat cerita Desa Rindu Hati, Talang Kering, Tanah Patah, dan Taba Penanjung. Selain itu cerita ini berfungsi bagi masyarakat di bidang pendidikan.

Article Details

How to Cite
Wiriani, P. D., Canrhas, A., & Agustina, E. (2020). ASAL USUL CERITA BUTEU JUNG DI DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 231–239. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8363

References

  1. Andalas, Eggy Fajar & Sulistyorini, Dwi. 2017. Sastra Lisan. Malang: Madani Kelompok Publishing.
  2. Danandjaja, James. 1994. Folkor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: PT Pustaka Grafiti.
  3. Endraswara, Suwardi. 2009. Metodologi Penelitian Folklor Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Madpress(Anggota IKAPI).
  4. Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya
  5. Wellek, Rene da Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya