Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Guru menjelaskan materi dan memberikan petunjuk mengerjakan tugas menulis naskah drama dengan metode ceramah, siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas berupa naskah drama dan kemudian guru menilai naskah drama siswa berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alwasilah, A.C & Senny, S.A. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung:PT. Kiblat Buku Utama.
- Chaer, Abdul dan Agustinas Leonie. 2004. SosiolinguistikPerkenalan Awal. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.
- Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta:Penerbit Gava Media
- Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Nugroho, Adi. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Kelas XI Olah Raga Di SMA Negeri 5 Kota Magelan[Skripsi]. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta. Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:Alfabeta
- Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta. S
- Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo:PT.Bumi Askara.
- Waluyo J, Herman. 2001. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
- Wiyanto Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo
References
Alwasilah, A.C & Senny, S.A. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung:PT. Kiblat Buku Utama.
Chaer, Abdul dan Agustinas Leonie. 2004. SosiolinguistikPerkenalan Awal. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.
Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta:Penerbit Gava Media
Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Adi. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Kelas XI Olah Raga Di SMA Negeri 5 Kota Magelan[Skripsi]. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta. Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:Alfabeta
Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta. S
Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo:PT.Bumi Askara.
Waluyo J, Herman. 2001. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
Wiyanto Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo