Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah  triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Guru menjelaskan materi dan memberikan petunjuk mengerjakan tugas menulis naskah drama dengan metode ceramah, siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas berupa naskah drama dan kemudian guru menilai naskah drama siswa berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Arianto, D., Gumono, G., & Suhartono, S. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 166–173. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8412

References

  1. Alwasilah, A.C & Senny, S.A. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung:PT. Kiblat Buku Utama.
  2. Chaer, Abdul dan Agustinas Leonie. 2004. SosiolinguistikPerkenalan Awal. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.
  3. Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta:Penerbit Gava Media
  4. Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Nugroho, Adi. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Kelas XI Olah Raga Di SMA Negeri 5 Kota Magelan[Skripsi]. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta. Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:Alfabeta
  6. Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta. S
  7. Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo:PT.Bumi Askara.
  8. Waluyo J, Herman. 2001. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
  9. Wiyanto Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo