Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata skor 73. Artinya siswa telah mampu menulis puisi dengan tema lingkungan namun, harus lebih ditingkatkan lagi agar tercapainya hasil yang maksimal. Pada aspek penilaian isi puisi ditemukan bahwa siswa telah mampu mengembangkan tema lingkungan. Skor rata-rata yang diperoleh siswa untuk aspek isi adalah 21,17 dari skor maksimal 30. Pada aspek diksi siswa menggunakan kata-kata yang berhubungan dan bermakna lingkungan dengan perolehan skor rata-rata 15,76 dari skor maksimal 20. Pada aspek imaji siswa telah mampu mengungkapkan lebih dari satu imaji dalam penulisan puisi. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 14,5 dari skor maksimal 20. Pada aspek gaya bahasa ditemukannya gaya bahasa metafora, perbandingan dan perumpamaan yang dominan digunakan oleh siswa. Siswa memperoleh skor rata-rata 14,82 dari skor maksimal 20. Pada aspek rima dan ritma siswa masih perlu latihan untuk pengaturan rima/ritma. Skor rata-rata aspek rima/ritma adalah 6,6 dari skor maksimal 10.

Keywords

keterampilan menulis puisi lingkungan

Article Details

How to Cite
Dewanti, F., & Utomo, P. (2020). KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8436

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Maman , Wiyatmi. 2012. Puisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  3. Nurgiyantoro,B.2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
  4. Sayuti, Suminto. A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta : Gama Media.
  5. Situmorang, B. 1980. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Jakarta: Nusa Indah.
  6. Slamet. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
  7. Sugiyono. 2006. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R& D . Bandung: Alfabeta.
  8. Tarigan, H. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  9. Umry, S. H. 2016. Telaah Puisi Pembelajaran dan Penerapan. Medan: CV. Mitra Medan.