Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana isi struktur surat dinas dan kebahasaan surat dinas yang meliputi ejaan bahasa Indonesia dan kalimat efektif pada surat yang dikeluarkan atau dibuat oleh  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana mestinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik catat, dengan langkah-langkah dari mengumpulkan dokumen atau arsip surat keluar, kemudian membaca dan mempelajari surat satu-persatu agar dapat menemukan data yang mengandung gejala yang berkaitan dengan rumusan masalah untuk dicatat  di kartu data. Langkah-langkah analisis data di penelitian ini yaitu dengan melakukan identifikasi data, membuat tabel rekapitulasi untuk mengklasifikasikan data dan menganalisis data, dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian menemukan masih terdapat kesalahan dan ketidakcermatan dalam penulisan surat dinas yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang baik dari segi kelengkapan isi struktur surat dinas maupun dari segi kebahasaan surat dinas yang meliputi  penggunaan ejaan bahasa Indonesia dan kalimat efektif.

Article Details

How to Cite
Yupriyanto, M., Supadi, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). ANALISIS SURAT KELUAR DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 303–312. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.8517

References

  1. Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.
  2. Soedjito. 2010. Terampil Menulis Surat Resmi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
  3. Sudarsa, Caca dkk. 1991. Seri Penyuluhan 2 Surat-menyurat dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Suprapto. 2004. Pedoman Lengkap Surat Menyurat Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Indah.
  5. Suryani, Nanik dkk. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.