Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan retorika penulis artikel yang ada di media online Kompasiana.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata dan kalimat yang bersumber dari 15 artikel edisi bulan November 2018 di situs media online Kompasiana.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik catat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik retorika persuasi yang digunakan penulis artikel di media online Kompasiana adalah (1) Posman Siahaan menggunakan 3 teknik yaitu teknik asosiasi, teknik tataan dan teknik red herring; (2) Giri Lukmato menggunakan 3 teknik yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi dan teknik red herring; (3) Mbah Ukik menggunakan teknik asosiasi dan teknik tataan;(4) teknik retorika persuasi yang paling banyak digunakan adalah teknik asosiasi; (5) teknik retorika persuasi yang tidak digunakan adalah teknik ganjaran. Ciri kebahasaan yang digunakan penulis artikel di media online Kompasiana pada diksi yaitu (1) kata kerja imperatif berupa imperatif taktransitif, transitif, biasa, ajakan, dan  larangan; (2) kata teknis berupa kata teknis olahraga, media sosial, kesehatan, pertanian dan lalu lintas; (3) konjungsi persuasi argumentatif berupa konjungsi pertentangan, penyimpulan, pengakibatan, pengurutan dan penyebaban; (4) kata kerja mental berupa kata kerja mental tindakan, keberadaan, dan sikap. Pada ciri kebahasaan kalimat yang digunakan penulis artikel di media online Kompasiana yaitu (1) kalimat saran; (2) kalimat ajakan; (3) kalimat pertimbangan dan (4) kalimat motto.

Article Details

How to Cite
Munirah, M., Suryadi, S., & Djunaidi, B. (2019). RETORIKA PENULIS ARTIKEL DI MEDIA ONLINE KOMPASIANA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 313–326. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.9481

References

  1. Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah
  3. Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.
  4. Kosasi, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  5. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  6. Oka, I Gusti Ngurah. 1976. Retorika Sebuah Tinjauan Pengantar. Bandung: Penerbit Tarate Bandung.
  7. Rakhmat, Jalaludin. 2006. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
  8. Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
  9. Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  10. Safnil. 2003. Pengantar Analisi Retorika Teks. Bengkulu: Perpustakaan UNIB Press.
  11. Sriyana. 2017. Modul Pembelajaran Teks Persuasi Kelas VIII SMP/MTs. Bandung: PT Refika Aditama.
  12. Sumadiria, Haris. 2004. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana Panduan Praktis Penulis & Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.