Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya hubungan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas diperoleh siswa kelas XI MIPA D sebagai kelas uji coba (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk minat belajar fisika dan tes untuk hasil belajar fisika. Analisis data diuji menggunakan analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. yang ditunjukkan  dari nilai  yang lebih besar dari  (0,660>0,479) dengan kontribusi minat sebesar 43,56% dengan indikator minat yang paling besar pengaruhnya adalah indikator perasaan senang dengan nilai korelasi rata-rata sebesar 0,669 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa.

Article Details

Author Biographies

Endah Tri Wahyuningsih, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

Andik Purwanto, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

Rosane Medriati, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika
How to Cite
Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS XI MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84

References

  1. Mendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003 p. 1–38.
  2. Sanjaya W. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana; 2008.
  3. Putri DH, Risdianto E, Sutarno S. Pre-Service Physics Teachers’ Perception toward Hands-on Lab Activity and 21st Century Skills. J Phys Conf Ser. 2017;895(1).
  4. Putri DH, Risdianto E, Sutarno S, Hamdani D. The development of cooperative problem solving physics laboratory model on simple pendulum concept The development of cooperative problem solving physics laboratory model on simple pendulum concept. 2019;
  5. Monika Y, Mayub A, Purwanto A. Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(2):25–30.
  6. Sagita I, Medriati R, Purwanto A. Penerapan Creative Problem Solving Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 MAN 2 Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(3):1–6.
  7. Hosnan M. Pendekatan Sintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia; 2016.
  8. Permendikbud. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud; 2016.
  9. Rozikin, MK., Lesmono, AD. B. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning ) Terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMAN Balung. 2018;108–15.
  10. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  11. Sriana W. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. 2013;
  12. Hake RR. Analyzing change/gain scores. Woodland Hills: Dept of Physics: Indiana University; 1999. 1–4 p.
  13. Medriati R. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Pros Semirata FMIPA Univ Lampung 2013. 2013;131–9.
  14. Kompri. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi; 2017.
  15. Permata MD, Koto I, Sakti I. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2019;1(1):30–9.
  16. Slameto. Belajar dan Faktor -faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
  17. Fadilah S, Purwanto A, Risdianto E. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkat Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Alat-Alat Optik Kelas XI SMAN 1 Mukomuko. J Kumparan Fis. 2018;1(2):8–14.
  18. Adyan FB, Purwanto A, Nirwana N. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory. J Kumparan Fis. 2019;2(3):153–60.
  19. Jaba I, Palittin vyalentine D, Nur AS. Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. 2019;6(1):65–73.
  20. Ritonga MFM. Hubungan Minat Belajar dan Konsep Diri Terhadap Pretasi Belajar Siswa. 2017;70–6.