Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Team Assisted Individualization  terhadap  pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMAN 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental research tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling dengan kelas eksperimen menggunakan model Team Assisted Individualization  sedangkan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pemahaman konsep dan keterampilan generik sains. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan selisih peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen 52,69 dan kelas kontrol 22,75. Kemudian untuk Keterampilan generik sains pada kelas eksperimen diperoleh selisih, sebesar 48,29 dan kelas kontrol sebesar 13,67.  Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney (U test) melalui program SPSS dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka berdasarkan pada kriteria , maka Ho ditolak atau Ha diterima.

 

Kata kunci : Team Assisted Individualization, Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains

 

ABSTRACT

 

This study aims to explain whether there was a significant effect of the application of Team Assisted Individualization model on the understanding of the concepts and science generic skills of students of SMAN 3 Kota Bengkulu. This type of research was a quasi-experimental research type nonequivalent control group design. The research sample was taken by simple random sampling technique with the experimental class using the Team Assisted Individualization model while the control class used the direct instruction model. The research instrument used test questions understanding of the concepts and science generic skills. Based on the result of data analysis, the difference in the increase in the average value of the understanding of the concepts of the experimental class was 52,69 and the control class was 22,75. Then for the difference in science generic skills, the experimental class was 48,29 and the control class was 13,67. Hypothesis testing used the Mann Whitney test (U test) through the SPSS program version 21 where the value of Sig. (2-tailed) of 0,000<0,05, then based on the criteria if or sig , then Ho is rejected or Ha is accepted.

 

Keywords: Team Assisted Individualization, Concept Understanding, Science Generic Skill

Article Details

How to Cite
Rahmayanti, J., Connie, C., & Setiawan, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 199–208. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.199-208

References

  1. Isjoni H. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2009.
  2. Apriyanto B, Ikhsan FA, Nurdin EA, Kurnianto FA. THE INFLUENCE OF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) ON GEOGRAPHY LEARNING MODEL TEAM OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Geosfera Indones. 2018;2(1):83–8.
  3. Fathurrohman M. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2015.
  4. Waluya B. Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Geografi. 2008; Available from: http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/Jurnal/Jurnal_Bagja_4.pdf
  5. Hamdani D, Kurniati E, Sakti I. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta. 2012;10(1):79–88.
  6. Pujani NM. Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. J Pendidik Indones. 2015;3(2):471–84.
  7. Tristanti LB. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISWA. Aksioma. 2017;6(3):1–14.
  8. Mawarni D, Amalita N. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang. J Edukasi dan Penelit Mat. 2019;8(3):77–82.
  9. Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Bandung: Alfabeta; 2010.
  10. Widiyanto M. Statistik Terapan (Konsep dan aplikasi SPSS). Jakarta: Elex Media Komputindo; 2013.
  11. Dahlan S. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat. Jakarta: Epidemiologi Indonesia; 2015.
  12. Sani. Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2014.
  13. Nisa KKL. Modifikasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. In: Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat. 2018. p. 472–84.
  14. Haryati S. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia; 2017.
  15. Soraya V, Khaldun I, Halim A. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (Tai) Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 2 Bandar Baru. J Pendidik Sains Indones (Indonesian J Sci Educ. 2016;4(2):53–60.
  16. Sutarno. Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Medan Magnet untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains mahasiswa. J Exacta. 2011;9(1):60–6.
  17. Fitri MA, Tanjung M. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN SISWAMTsN MODEL PADANG. Economica. 2013;2(1):40–9.