Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika melalui pendekatan STEM berorientasi HOTS di SMAN Kota Bengkuku pada materi usaha dan energi. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang dapat digunakan guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode Sugiyono Level 1 yang dimodifikasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli dengan menggunakan angket. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini dikategorikan sangat layak digunakan dengan persentase capaian 83,25%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek penilaian materi 82,5%, aspek penilaian HOTS dan penilaian pendekatan STEM 81%, aspek penilaian bahasa 86% dan aspek penilaian media 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika melalui pendekatan STEM berorientasi HOTS di SMAN Kota Bengkulu pada materi usaha dan energi memenuhi kriteria dengan kualitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan peserta didik SMA kelas X.

 

Kata Kunci: Bahan ajar fisika, Pendekatan STEM, HOTS, Usaha dan energi.

 

ABSTRACT

 

This research was aimed to develop physics teaching material through HOTS oriented STEM approach in SMAN Kota Bengkulu on material of work and energy. The result of this product was teaching material which be used for teacher and student. This research was Research and Development (R&D) with modified Sugiyono level 1 method. Product was validated by experts using questionnaires. Validation results showed that this physics teaching material was categorized as very proper to use with 83,25% achivement percentage. That percentage was average of 82,5% material evaluation aspect, 81% HOTS evaluation aspect and STEM approach evaluation, 86% language evaluation aspect and 84% media evaluation aspect. Therefore can be conclude that physics teaching material through HOTS oriented STEM approach in SMAN Kota Bengkulu on material of work and energy meet the criteria with very proper quality as one of learning media that use by grade X senior high school student.

 

Keyword: Physich teaching material, STEM approach, HOTS, work and energy.

Article Details

How to Cite
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN STEM BERORIENTASI HOTS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.109-120

References

  1. Mardiana S, Sumiyatun S. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Metro. Historia Santiago. 2017 Mar 22;5(1):45.
  2. Aqdwirida R. IMPEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 MAGELANG. J Kebijak Pendidik. 2016;V(1):34–48.
  3. Julfahnur, M MR, DIana S, Khalik I. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sma. 2013;7–8.
  4. Sukiminiandari YP, Budi AS, Supriyati Y. Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik. Pros Semin Nas Fis. 2015;IV:161–4.
  5. Melianti E, Risdianto E, Swistoro E. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. J Kumparan Fis. 2020;3(1):1–10.
  6. Sriwahyuni I, Risdianto E, Johan H. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. J Kumparan Fis. 2019;2(3):145–52.
  7. Gustiani I, Widodo A, Suwarma IR. Development and validation of science, technology, engineering and mathematics (STEM) based instructional material. AIP Conf Proc. 2017;1848(May).
  8. Winarni J, Zubaidah S, H SK. STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. Vol. 1, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. 2016. p. 976–84.
  9. Pangesti KI, Yulianti D, Sugianto. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. 2017;6(3).
  10. Lestari DAB, Astuti B, Darsono T. Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J Pendidik Fis dan Teknol. 2018 Nov 5;4(2):202.
  11. Sugiyono. METODE PENELITIAN DAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2010. 407 p.
  12. Widiyanto MA. Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2013. 40 p.
  13. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis SNF2015. 2015;IV:49–54.
  14. Utami TN, Jatmiko A, Suherman S. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal J Mat. 2018;1(2):165.
  15. Sugianto SD, Ahied M, Hadi WP. Pengembangan Modul Ipa Berbasis Proyek Terintegrasi Stem. J Nat Sci Educ Res. 2018;1(1):28–39.
  16. Khoiriyah N, Abdurrahman A, Wahyudi I. Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. J Ris dan Kaji Pendidik Fis. 2018;5(2):53.