Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Termodinamika merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari fenomena atau gejala alam yang terjadi di kehidupan sehari-hari, khususnya tentang panas dan perpindahannya. Pembelajaran matakuliah Termodinamika sering kali menimbulkan permasalahan karena tidak tepatnya dalam pemilihan model pembelajaran, sehingga kurang mampu mengoptimalkan proses pembelajaran yang pada akhirnya akan menyebabkan pengembangan sikap ilmiah mahasiswa kurang optimal. Pengembangan sikap ilmiah sangat diperlukan dalam rangka menghadapi era merdeka belajar, dengan adanya sikap ilmiah yang tepat maka mahasiswa dapat lebih mengembangkan keterampilan hidupnya (soft skill). Sikap ilmiah selalu dipengaruhi banyak faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi ialah pemilihan model pembelajaran. Dalam penggunaan model pembelajaran seorang dosen dapat memilih model pembelajaran yang inovatif, yang mana akan membantu dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan sikap ilmiahnya. Salah satu model pembelajaran yang bisa membuat mahasiswa kritis dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan Project Based Learning Model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP-UNIB pada mata kuliah Termodinamika melalui penerapan Project Based Learning Model. Penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP-UNIB semester 3 Tahun Akademik 2020/2021. Instrumen yang digunakan lembar tes untuk mengukur hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning  pada Matakuliah Termodinamika bagi mahasiswa semester 3 Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu terjadi peningkatan pada sikap ilmiah dan hasil belajarnya.

 

Kata  kunci: Project Based Learning Model, merdeka belajar, sikap ilmiah

 

ABSTRACT

 

Thermodynamics is a branch of physics that studies natural phenomena or phenomena that occur in everyday life, especially regarding heat and its transfer. Thermodynamics subject learning often creates problems because it is not precise in choosing a learning model, so it is not able to optimize the learning process which in turn will cause the development of students' scientific attitudes to be less than optimal. The development of a scientific attitude is needed in order to face the era of independent learning, with the right scientific attitude, students can further develop their life skills (soft skills). The scientific attitude is always influenced by many factors, one of the factors that influence is the selection of a learning model. In using the learning model, a lecturer can choose an innovative learning model, which will help lecturers and students to improve their scientific attitude. One learning model that can make students critical in the learning process is to use the Project Based Learning Model. This study aims to improve the scientific attitude and learning outcomes of Physics Education Study Program students, FKIP-UNIB in the Thermodynamics course through the application of the Project Based Learning Model. The research was conducted with classroom action research (PTK) which was carried out in several cycles. The subjects in this study were all students of the Physics Education Study Program FKIP-UNIB semester 3 of the 2020/2021 Academic Year. The instrument used was the test sheet to measure learning outcomes and a scientific attitude questionnaire. Data analysis was performed using descriptive statistics. The results of data analysis showed that the implementation of the Project Based Learning model in the Thermodynamics Subject for 3rd semester students of the Physics Education Study Program, FKIP, Bengkulu University, has an increase in scientific attitudes and learning outcomes.

Keywords: Project Based Learning Model, independent learning, scientific attitude

Article Details

Author Biography

Andik Purwanto, Unversitas Bengkulu

Pendidikan Fisika
How to Cite
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA DALAM RANGKA MENGHADAPI ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34

References

  1. Ferawati Wahida, Rahman N, Gonggo ST. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi. J Sains dan Teknol Tadulako. 2015;4(3):36–43.
  2. Riadi M. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL) [Internet]. KajianPustaka.com. 2017 [cited 2020 Apr 30]. p. 1. Available from: https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html
  3. Astawa IM, Sadya IW, Suastra IW. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri. J Pendidik DAN PEMBELAJARAN IPA Indones. 2015;5(2):1–11.
  4. Sundaryanto, Widayati W, Amalia R. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. KODE J Bhs. 2020;9(2):78–93.
  5. Kunandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers; 2011. 245 p.
  6. Arikunto S. Prosedur Penelitian Pendektan Praktik. 15th ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2013. 173 p.
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  8. Hartanto E. Perbedaan skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Jakarta; 2012.
  9. Martiningsih M, Situmorang RP, Hastuti SP. Hubungan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. J Pendidik Sains. 2018;6(1):24–33.
  10. Sanjaya W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana; 2006.
  11. Abidin Y. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konsteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama; 2014.