Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar kognitif siswa dan keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi yang dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 39 siswa. instumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil kognitif dan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 23 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 25 (kategori baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 28 (kategori baik). Hasil belajar kognitif siswa untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,25, meningkat pada siklus II menjadi 76,41 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,61. Keterampilan proses sains siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III terutama keterampilan proses sains pada aspek mengajukan pertanyaan dengan skor rata-rata sebesar 82,04. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : Learning Cycle, aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
- Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
- Rustaman, N. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
- Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.
- Tania Bela, Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Untirta, 3(1), 68.
- Yuliani, Hadma. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi
- dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal EduSains, 4(1), 23.
References
Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Rustaman, N. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.
Tania Bela, Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Untirta, 3(1), 68.
Yuliani, Hadma. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi
dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal EduSains, 4(1), 23.