Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PJBL (Project Based Learning) terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran PJBL (Project Based Learning ).Penelitian Eksperimen ini dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pertemuan pertama nilai rata-rata hasil tes awal siswa sebesar 38,84 dan nilai tes akhir siswa sebesar 85. Terdapat peningkatan nilai siswa dari rata-rata nilai tes awal siswa semula 38,84 menjadi rata-ratanya sebesar 85 pada nilai tes akhirnya. Pada pertemuan kedua kedua didapatkan nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 38,84 dan nilai rata-rata tes akhir sebesar 83,84 disini terlihat peningkatan nilai siswa dari rata-rata nilai tes awal siswa semula 38,84 menjadi rata-ratanya sebesar 83,84 pada nilai tes akhirnya. Pada pertemuan ketiga dan didapatkan nilai rata-rata tes awal siswa yaitu sebesar 42,30 Setelah melakukan pembelajaran berbasis proyek maka siswa diberikan tes akhir dan didapatkan nilai tes akhir siswa yaitu sebesar 85,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika dan respon siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penguasaan Konsep Fisika Siswa dan Respon Siswa
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Rahmaniar, A., Suhandi, A., & Sari, M. (2015). Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Intruction pada pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA.
- Sadiman, A., Raharjo, Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmaniar, A., Suhandi, A., & Sari, M. (2015). Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Intruction pada pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA.
Sadiman, A., Raharjo, Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.