Main Article Content

Abstract

Penelitian  bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran PJBL (Project Based Learning)  terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran PJBL (Project Based Learning ).Penelitian Eksperimen ini dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pertemuan pertama nilai rata-rata hasil tes awal siswa sebesar 38,84 dan nilai tes akhir siswa sebesar 85.  Terdapat peningkatan nilai siswa dari rata-rata nilai tes awal siswa semula 38,84 menjadi rata-ratanya sebesar 85 pada nilai tes akhirnya. Pada pertemuan kedua kedua didapatkan nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 38,84 dan nilai rata-rata tes akhir sebesar 83,84 disini terlihat peningkatan nilai siswa dari rata-rata nilai tes awal siswa semula 38,84 menjadi rata-ratanya sebesar 83,84 pada nilai tes akhirnya. Pada pertemuan ketiga dan didapatkan nilai rata-rata tes awal siswa yaitu sebesar 42,30 Setelah melakukan pembelajaran berbasis proyek maka siswa diberikan tes akhir dan didapatkan nilai tes akhir siswa yaitu sebesar 85,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika dan respon siswa di kelas X SMA  Negeri 1 Kota Bengkulu.

 Kata kunci :  Model Pembelajaran Project Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penguasaan Konsep  Fisika Siswa dan Respon Siswa

Article Details

How to Cite
Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 25–30. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.25-30

References

  1. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Rahmaniar, A., Suhandi, A., & Sari, M. (2015). Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Intruction pada pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA.
  3. Sadiman, A., Raharjo, Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.