Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIPA pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan dua desain yaitu nonequivalent control group dan one group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan penguasaan konsep (TKPK) dan tes kemampuan pemecahan masalah (TKPM). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen diperoleh rata-rata posttest kedua kelas berbeda secara signifikan dengan nilai thitung > ttabel (2,03 > 2,00) dengan effect size sebesar 0,52, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa dengan kategori sedang. Pada penelitian ini pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata posttest dan skor rata-rata pretest siswa kelas eksperimen (O2 – O1) yaitu 38,04 dengan effect size sebesar 2,89, sehingga besar pengaruh model Problem Solving Fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dikategorikan tinggi.
Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Kemampuan Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Y. (2016). Desain SIstem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
- Warimun, E. S. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Problem Solving Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Problem Solving Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Seminar Nasional Magister Pendidikan Dasar (hal. 113-119). Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
- Sutopo. (2016). Conceptual Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum Impuls. Pros. Semnas pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol. 1, hal. 70. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Warimun, E. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Materi Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, Vol. X, No.2, 112.
- Sijabat, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 88-91
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Ninik,Hobri,& Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multi Media. Kadikma,Vol. 5, 64-65.
- Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Ilmiah Psikologi Universitas Santa Dharma, Vol. 14, No.1, hal. 3-4.
- Rajendra & Kevin. (2012). A SAS Macro to Compute Effect Size (Cohen’s ) and its Confidence Interval from Raw Survey Data. SESUG, Hal. 3.
- Asri,Andi,& Ika. (2015). Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (hal. 263). Bandung: UPI.
References
Abidin, Y. (2016). Desain SIstem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Warimun, E. S. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Problem Solving Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Problem Solving Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Seminar Nasional Magister Pendidikan Dasar (hal. 113-119). Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Sutopo. (2016). Conceptual Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum Impuls. Pros. Semnas pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol. 1, hal. 70. Malang: Universitas Negeri Malang.
Warimun, E. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Materi Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Exacta, Vol. X, No.2, 112.
Sijabat, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 88-91
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ninik,Hobri,& Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multi Media. Kadikma,Vol. 5, 64-65.
Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Ilmiah Psikologi Universitas Santa Dharma, Vol. 14, No.1, hal. 3-4.
Rajendra & Kevin. (2012). A SAS Macro to Compute Effect Size (Cohen’s ) and its Confidence Interval from Raw Survey Data. SESUG, Hal. 3.
Asri,Andi,& Ika. (2015). Ukuran Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Siswa SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (hal. 263). Bandung: UPI.