Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran planetarium gerhana untuk pembelajaran IPBA. Mengetahui hasil uji coba media pembelajaran planetarium gerhana pada pembelajaran IPBA. Mengetahui respon dari para responden terhadap media pembelajaran planetarium gerhana yang telah dikembangkan secara teoritis pada pembelajaran IPBA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, subjek penelitian ini adalah guru fisika SMA Pelita Kasih. Penelitian pengembangan ini menggunakan metodologi 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Penilaian dan validasi produk media pembelajaran planetarium gerhana  ini telah dilakukan oleh ahli materi, ahli media. Berdasarkan hasil analisis data kemudian diinterprestasikan dengan skala 5 menurut Sukarja, dihasilkan kriteria penilaian media sangat baik dengan analisis penilaian media menurut ahli materi menunjukkan kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 85,4% dan layak untuk digunakan. Penilaian media menurut ahli media menunjukkan kualitas Baik dengan persentase keidealan 77,3% terkait dengan segala aspek yang ada pada media yang telah dikembangkan dan layak untuk digunakan dengan sedikit koreksi untuk perbaikan media tersebut. Sehingga media tersebut dapat menunjang ketertarikan pelajar dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Planetarium Gerhana.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, V. S., Mayub, A., & Hamdani, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Planetarium Gerhana sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) pada Materi Gerhana. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 71–75. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.71-75

References

  1. Sugiyono. 2017. Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  2. Jihad, A., & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  3. Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  4. Rahmawati, Myrna & Khaerunnisa. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Melalui Alat Peraga Maket Gerhana Dan Video Pembelajaran. Jurnal Ilmiah PGSD ISSN: 2579-6151. Vol .1
  5. Prariyadi, J. 2014. Pengembanagan Aplikasi Mobile Learning Fisika Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Keteraturan Gerak Planet Sebagai Sasaran Untuk Memfasilitasi Kemampuan Analisis Siswa Kelas XI SMA. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
  6. Pertiwi, D. G. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Berbasis Multimedia di Kelas IX SMPN 157 Jakarta Timur (Studi Kasus: Matahari dan Bintang). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
  7. Muttaqin, D., dkk. 2016. Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya Berbasis Virtual Reality. Planetarium, Vol.2(ISSN : 2442-5826), 713.
  8. Dedynggego, dkk. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, Vol.1.