Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui perbedaan pembelajaran Cooperative Problem Solving dengan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa dan menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran Cooperative Problem Solving  terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Negeri 1 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah experiment research dengan desain posttest-only control design untuk mengukur hasil belajar siswa dan desain penelitian one group pretest postest design untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling yang diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1PA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan Pembelajaaran Cooperative Problem Solving dan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa dengan thitung = 0.9138<ttabel =1.9983. Sedangkan penggunaan pembelajaran Cooperative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 1 Kepahiang berpengaruh kuat dengan perhitungan effect size yaitu 5.779.

Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.

 

Article Details

How to Cite
Avico, I., Purwanto, A., & Putri, D. H. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 1 KEPAHIANG. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.17-24

References

  1. Putri, D. H., Sutarno, & Risdianto, E. (2017). Pengembangan Model Dual Mode Laboratory-Based Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Calon Guru Fisika. Penelitian Pendidikan Fisika, 8.
  2. Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User’s Manual. University Of Minnesota: National Science Foundation.
  3. Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika Dengan Model Cooperative Problem Solving (Cps). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3.
  4. Sihaloho, I. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dengan Penerapan Metode Cooperative cooperative problem solving (CPS) Pada Konsep Energi Dan Perubahannya Di Kelas VIIIA SMPN 10 Kota Bengkulu. Bengkulu: Tidak Dipublikasikan.
  5. Kulsum, U., & Nugroho. (2014). Jurnal Pendidikan Fisika. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika, 74.