Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan di SMAN 09 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 09 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini kels XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika diperoleh dari nilai pretest dan posttest menggunakan angket dan soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar di SMAN 09 Kota Bengkulu, yakni thitung 3,17 > ttabel 2,01, dan terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu yang ditunjukan dengan thitung 7,14 > ttabel 2,01 dengan taraf signifikan 95%.
Kata Kunci : Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Fisika
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Kumparan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
- Qarareh, A. O. (2012). The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching. Int J Edu Sci, 4(2): 123-132 (2012).
- Sari, S. P., Risdawati, R., & Susanti, D. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Sainstifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E Terhaap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.
- Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
- Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarno, W. (2016). Vol. 2 No. 1, Maret 2016. http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Sainstifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar.
References
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Qarareh, A. O. (2012). The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching. Int J Edu Sci, 4(2): 123-132 (2012).
Sari, S. P., Risdawati, R., & Susanti, D. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Sainstifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E Terhaap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarno, W. (2016). Vol. 2 No. 1, Maret 2016. http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Sainstifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar.