Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep  fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan di SMAN 09 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 09 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini kels XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika diperoleh dari nilai pretest dan posttest menggunakan angket dan soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar di SMAN 09 Kota Bengkulu, yakni thitung 3,17 > ttabel 2,01, dan terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu yang ditunjukan dengan thitung 7,14 > ttabel 2,01 dengan taraf signifikan 95%.

Kata Kunci : Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Fisika

Article Details

How to Cite
Perwita, D. P., Rohadi, N., & Sakti, I. (2019). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DI SMAN 09 KOTA BENGKULU. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.25-32

References

  1. Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Qarareh, A. O. (2012). The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching. Int J Edu Sci, 4(2): 123-132 (2012).
  3. Sari, S. P., Risdawati, R., & Susanti, D. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Sainstifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E Terhaap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.
  4. Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
  5. Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarno, W. (2016). Vol. 2 No. 1, Maret 2016. http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Sainstifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar.