Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang valid dan reliabel pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil uji  validasi oleh ahli  dan praktisi ditinjau dari aspek materi, aspek konstruksi, dan  aspek bahasa. Berdasarkan hasil uji validasi ahli diperoleh presentase skor 94.23% untuk aspek materi, 89.00% untuk aspek konstruksi, 80.00% untuk aspek bahasa dan berdasarkan uji validasi praktisi di peroleh presentase skor 97.95% untuk aspek materi, 96.00% untuk aspek konstruksi, 92.50% untuk aspek bahasa serta dinyatakan valid pada uji validasi empiris dengan reliabilitas 0,839805 kategori tinggi pada uji terbatas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan instrumen tes yang dikembangkan telah valid dan reliabel. 

Kata Kunci: Instrumen tes, Keterampilan Pemecahan Masalah, Usaha (Kerja) dan Energi 

ABSTRACT 

This research was aimed to develop test instrument that was valid and reliable for student problem solving skills on the concept of work and energy. This research was conducted with a 4D development model which consisted of define, design, develop, and disseminate. Validation tests by experts and practitioners were in terms of material aspects, construction aspects, and language aspects. Based on the results of expert validation tests, the percentage score of 94.23% was obtained for material aspects, 89.00% for construction aspects, 80.00% for language aspects and based on practitioners' validation test the scores were 97.95% for material aspects, 96.00% for construction aspects, 92.50% for aspects language and stated as valid in the empirical validation test with a reliability of 0.839805 in high category on the limited test. So it could be concluded that the test instrument was valid and reliable. 

Keywords: Test instruments, Problem Solving Skills, Work and Energy

Article Details

How to Cite
Lestari, P. E., Purwanto, A., & Sakti, I. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 161–168. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.161-168

References

  1. Sutarno., Setiawan, A., Suhandi, A., Kaniawati, I., dan Putri, D. H., 2017, Keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran bandul fisis menggunakan model problem solving virtual laboratory, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, No. 2, Vol. 3, hal. 164-172.
  2. Sagita,, I., Medriati, R., dan Purwanto, A., 2018, Penerapan creative problem solving model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas XI MIA 4 MAN 2 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, Hal. 1-6.
  3. Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., dan Samsudin, A., 2017, Pengembangan Instrument Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, No. 2, Vol. 3, hal. 157-166.
  4. Heller, K. dan Heller, P., 2010, Cooverative Problem Solving in Physics, A User's Manual, Minnesota.
  5. Kemendikbud., 2017, Modul Penyusun Soal Higher Order Thinking Skill, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  6. Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 24 tentang KI dan KD SMA-MA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  7. Mulyatiningsih, E., 2014, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  8. Sugiyono, 2017, Metode Penelitian dan Pengembangan, Alfabeta, Bandung.
  9. Yulia, I., Connie, dan Risdianto, E., 2018,. Pengembangan LKPD berbasis inquiry berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan penguasaan konsep gelombang cahaya di KELAS XI MIPA SMA N 2 Kota Bengkulu, Jurnal Kumparan Fisika, No. 3, Vol. 1, hal. 64-70.
  10. Arikunto, S., 2011, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
  11. Jihad, A. dan Haris, A., 2012, Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo, Yogyakarta.
  12. Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan instrument tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP, Jurnal Pendidikan Fisika, No. 2, Vol. 1, hal. 17-22.
  13. Pradugawati, D., Diantoro, M., dan Sutop, 2016, Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi, Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, hal. 146-153.