Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pembelajaran remedial terpadu dengan menerapkan model pembelajaran generatif terhadap perubahan konsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik pembelajaran remedial terpadu dengan model pembelajaran generatif terhadap perubahan konsepsi usaha dan energi siswa dengan t hitung > t tabel (16,33 ). Perubahan miskonsespsi yang dialami siswa sebelum dan  setelah pembelajaran remedial terpadu dengan model pembelajaran generatif mengalami perubahan pada konsep a) faktor-faktor yang mempengaruhi besar usaha pada saat benda bergerak ; dan b) usaha. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran remedial terpadu dengan menerapkan model pembelajaran generatif terhadap perubahan konsepsi siwa pada materi usaha dan energi. 

Kata kunci: Pembelajaran Remedial Terpadu, Model Pembelajaran Generatif, Miskonsepsi

ABSTRACT

This research was aimed to determine the effect of integrated remedial learning with applying generative learning models to change student’s conception. The research was pre-experimental research with one group pretest-posttest design. The result showed that there was a significant effect on remedial learning related to applying generative models to change in students’ conceptions with t hitung > t tabel (16,33 ). The misconceptions experienced by students before and after the implementation of this research were: a) factors that influence how large the work when the object is moving; and b) work. Based on research results, it could be concluded that there is the effect of integrated remedial learning with applying generative learning models on student perception changes. 

Keywords: Integrated Remedial Learning, Generative Learning Models, Misconceptions

Article Details

How to Cite
Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). PEMBELAJARAN REMEDIAL TERPADU DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENGUBAH MISKONSEPSI SISWA TERHADAP KONSEP USAHA DAN ENERGI. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192

References

  1. Hapsari R., Bektiarso, S., dan Gani, A., A., 2017, Model pembelajaran generatif (generative learning) dilengkapi media kartu masalah pada pembelajaran fisika di SMA (studi pada materi elastisitas di SMA N 1 Pakusari), Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 4, Vol. 5, hal. 399-403.
  2. Dahayu, P.S., Syahrul, A. R., dan Stevani, 2017, Pengaruh pembelajaran remedial, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, Jurnal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat, hal. 1-13.
  3. Sharfina, S., Halim, A., dan Safitri, R., 2017, Model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, No. 1, Vol. 5, hal. 102-106.
  4. Karlina, E., Bektiarso, S., dan Lesmono, A. D., 2017, Penerapan model pembelajaran generative learning pada pembelajaran fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 1, Vol. 6, hal. 92-96.
  5. Irwandani dan Rofiah, S., 2015, Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep fisika pokok bahasan bunyi peserta didik MTS Al-Hikmah Bandar Lampung, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi, No. 2, Vol. 4, hal. 165-177.
  6. Tangkas, I M., 2012, Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA N 3 Amlapura, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, No. 1, Vol. 2, hal. 1-17.
  7. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  8. Liliawati, W. dan Ramalis, T. R., 2009, Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA Di SMA Dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) Dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA UNY, hal. 159-168.
  9. Tayubi, Y. R., 2005, Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika menggunakan Certainty of Response Index (CRI), Mimbar Pendidikan, No. 3, Vol. XXIV, hal. 4-9.
  10. Arikunto, S., 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
  11. Suparno, P., 2005, Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika, PT Grasindo, Jakarta..
  12. Nugroho, Syifa, dan Indarti, 2016, Fisika Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam Edisi Revisi, Mediatama, Surakarta.
  13. Hamdani D., Kurniati, E., dan Sakti, I., 2012, Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu, Jurnal Exacta, No. 1, Vol. X, hal. 79-88.