PENGGUNAAN EKSTRAK JERUK KALAMANSI DAN EKSTRAK TAUGE UNTUK MENINGKATKAN MUTU PRODUK DALAM PEMBUATAN NATA DE COCO

Authors

  • Lies Winarsih Universitas Bengkulu
  • Aprira Aprira Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/labsaintek.v2i1.15446

Abstract

Salah satu mata praktikum  kewirausahaan di laboratorium dasar  adalah pembuatan nata de coco. Dalam proses pembuatan nata de coco dalam praktikum dan produksi masyarakat bengkulu selama ini masih menggunakan bahan kimia yaitu urea dan asam asetat yang berfungsi menyediakan energi untuk terbentuknya lapisan nata dan membuat suasana asam. Penggunaan asam asetat dan urea  adalah bahan kimia yang dicampurkan dalam proses pembuatan makanan sehingga produk nata yang dihasilkan kurang diminati sebagian konsumen yang punya anggapan produk tersebut kurang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Sehingga penulis berfikir untuk mencari bahan alternatif pengganti dari kedua bahan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak tauge dan ekstrak jeruk kalamansi dapat digunakan sebagai pengganti urea/za dan asam asetat dalam pembuatan nata de coco serta bagaimana kualitas produknya jika dibandingkan dengan nata de coco yang pembuatannya  dengan  urea dan asam asetat sebagai nata de coco kontrol. Penelitian dilakukan dengan mengganti urea dan asam asetat dengan ekstrak tauge dan ekstrak jeruk kalamnsi dengan fariasi ekstrak tauge 10%,15% dan 20% serta ekstrak jeruk kalamnsi 2%,4% dan 6%, dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekstrak tauge 10% dan 15% dengan 2% ekstrak jeruk kalamansi mendapatkan hasil yang signifikan dengan nata de coco control di lihat dari segi ketebalan da berat nata serta aspek organoleptis yang meliputi bau ,warna dan rasa.

References

Andrini,. 2019. Pengaruh Konsentrasi Larutan Tauge (Phaseolus radiatus) Dan Penambahan Gula Merah Terhadap Kualitas Nata De Coco Dan Nata De Srikaya.

Journal of Chemistry, Education, and Science Vol. 2 No. 2, Desember 2018 3 2. ME.

IA Jaedan-Fakultas Teknik UNY, 2011, metode Penelitian Eksperimen

Kelik, Putranto. 2017. Penambahan Ekstrak Touge pada Media Nata De Coco.

Maryanti. Dkk,2017,Jurnal Darma Raflesia XVNo 1 Juni 2017

Nurdyansyah,2017, Penggolahan Limbah Air Kelapa Menjadi Nata De Coco Oleh Ibu Kelompok Tani di Kabupaten Kudus.

Widhani lubis,dkk,2017,Pemanfaatan Sari Buah Naga Super Merah(Hylocereus constaricenis) Pada Pembuatan Nata De Coco Terhadap Mutu Fisik Nata

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles