Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan peserta didik di SMP Negeri 3 Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf dan siswa. Data diperoleh dari wawancara, obsevasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak baik internal maupun eksternal serta menerapkan langkah-langkah yang sistematis dan tepat (2) Penerimaan peserta didik baru dalam administrasi sekolah dilaksanakan bertujuan untuk mempermudah proses penerimaan peserta didik baru (3) Pelayanan bagi peserta didik dalam intra kulikuler dan ekstrakulikuler dilakukan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan prestasi siswa dan (4) Pembinaan bagi peserta didik dalam intra kulikuler dan ekstrakulikuler dilakukan untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas

Keywords

Peserta didik Pengelolaan Pengelolaan Peserta Didik

Article Details

References

  1. Amirul Hadi dan H. Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
  2. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
  4. Gunawan, Ary H. 1996. Adiministrasi Sekolah; Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  5. Imam Suprayogo dan Tabrani, 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya,
  6. Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Nasution. 1992. Metode Research. Bandung. Jemmars
  8. Patilima, Hamid. 2007.Metode Penelitian Kualitatif.Bandung:Alfabeta
  9. Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Kesiswaan,
  10. Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakulikuler
  11. Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru
  12. Rohiat. 2009. Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
  13. Sasongko, Rambat Nur. dkk. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan
  14. Makalah, Laporan Referensi, dan Tesis). Bengkulu: Program Pascasarjana MAP FKIP Universitas Bengkulu.
  15. Satori, Djam'an dan Aan Komariah .2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
  16. Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
  17. Sugiyono. 2010. “Metode Penelitian Administrasi ”. Bandung: Alfabeta,
  18. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Whitney, F.L. 1960. The elements of Research.Asian Eds. Osaka: Overseas Book Co
  21. Wilson, Nikki. 2009. “Impact of Extracurricular Activities On Students”. American psychological Association. 5. 27-35