Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi lingkungan fisik sekolah pada sekolah dasar nomor enam kota Manna yang meliputi : Merencanakan pengembangan lingkungan fisik sekolah, mempromosikan pengembangan lingkungan fisik sekolah, melaksanakan pengembangan lingkungan fisik sekolah, melaksanakan pengembangan lingkungan fisik sekolah. , mengevaluasi program pengembangan lingkungan fisik sekolah. Rumusan masalah penelitian yang khusus yaitu : Bagaimana merencanakan pengembangan lingkungan fisik sekolah ?, Bagaimana cara mensosialisasikan perkembangan lingkungan fisik sekolah, Bagaimana cara melaksanakan pembangunan lingkungan fisik sekolah ?. Kajian tersebut merupakan kajian evaluatif, untuk mengevaluasi pengelolaan lingkungan sekolah. Subjek adalah kepala sekolah, guru, bagian kurikulum, siswa, mata pelajaran sekunder adalah orang-orang yang berada dalam lingkungan yang sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan lingkungan fisik di sekolah belum dibuat secara formal dan belum ditemukan dokumentasi perencanaan. Evaluasi Program, Faktor penghambat pelaksanaan program bina lingkungan sekolah adalah kurangnya dana. Sosialisasi program lingkungan sekolah, walaupun tidak ada perencanaan program lingkungan sekolah, tetap ada. Pelaksanaan program lingkungan sekolah dilakukan bukan oleh tim. Evaluasi program bina lingkungan sekolah melihat pada kondisi yang ada. Saran, perencanaan lingkungan fisik di sekolah harus dikembangkan dan didokumentasikan secara formal. Program perlu disosialisasikan. Pelaksanaan program lingkungan sekolah dilakukan sesuai dengan rencana untuk membentuk tim. Evaluasi program perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan program dalam pengelolaan lingkungan sekolah

Keywords

Manajemen Lingkungan Sekolah Evaluasi

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 1999. Manajemen Penelitian.Jakarta:Renika Cipta.
  2. Danin, Sudarwan. 2010, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung Penerbit Alfabeta
  3. Kemendikbuda dan Unicef Dan Universitas Negeri Malang, 2013, Manajemen Budaya Dan Lingkungan Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar
  4. Semiawan, 1989. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
  5. Pasya. 2008. Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Bandung, UPI.
  6. Sikula, Andrew F. . 1981. Personnel Administration and Human Resources Management. New York : 4 Wiley Trans Edition, By John Wiley and Sons Inc.
  7. Zazin, Nur. 2011. Gerakan menata sekolah pendidikan. Jogjakarta : Ar-ruzz Media.