Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari aspek Perencanaan, Proses, Evaluasi, Hambatan-hambatan dan Solusi. Metode penelitian deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, wakilkurikulum, perwakilan guru dan pengawas. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan penelitian dimana implementasi kurikulum 2013 pada sekolah dasar negeri 1 kabupaten kaur ditinjau dari perencanaan sudah baik. Proses implementasi terlaksana. Evaluasi implementasi berjalan baik. Hambatan-hambatan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Solusinya untuk sekolah mengusulkan; pelatihan, worshop, mengundang narasumber yang berkopeten dalam pemahaman kurikulum 2013, mengusulkan perlengkapan media pembelajaran dan perbaikan prasaran perpustakaan dan penambahan laboratorium. bagi Dinas Pendidikan segera perbaikan prasarana, melengkapi media pembelajaran dan melaksanakan pelatihan/workshop/bimtek untuk guru.

Keywords

Perencanaan proses evaluasi hambatan-hambatan dan solusi

Article Details

References

  1. Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Premada Media Group, 2010
  2. Kusnandar. Guru Professional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
  3. Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013.Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
  4. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
  5. Mulyasa, E. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
  6. Rusman. (2010). Manajemen Kurikulum. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
  7. Budiani, S., Sudarmin, S., & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45-57.
  8. Kurniaman, O., & Lazim, N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas II SD Negeri 079 Pekan Baru. Tunas Bangsa Journal, 4(2), 185-197.
  9. Kosassy, S. O. (2017). Analisis Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(1), 78-89.
  10. Larasati, D. (2016). Analisis Kesesuaian Materi Pelajaran Buku Teks Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SD/MI dengan Konsep Kurikulum 2013 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
  11. Riptiani, K. M., Manuaba, I. B. S., & Made Putra, M. P. (2015). Studi evaluasi implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari cipp pada sekolah dasar negeri di wilayah pedesaan kabupaten badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
  12. Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (SD) Di Sukabumi, Indonesia. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01).
  13. Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.
  14. Utami, f. W. Peran Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Kesuksesan Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar.
  15. Dewantara, I. P. M., & Dibia, I. K. (2017). Pelatihan Implementasi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Widya Laksana, 6(1), 38-44.
  16. Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis muatan nilai karakter pada buku ajar kurikulum 2013 pegangan guru dan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2).
  17. Fatmawati, K. (2017). Implementasi Kurikulum 2013: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Primary Education Journal (Pej), 1(1), 11-16.
  18. Yulia, L. Y., & Bakhtiar, B. (2017). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Acehkendala Guru dalam Mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
  19. Tryanasari, D., & Riyanto, E. (2014). Analisis Keterlaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas 4 SD Se-Kabupaten Magetan. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(1), 52-61.
  20. Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
  21. Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014