Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri kabupaten Kaur. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 68 guru SMP Negeri di Kabupaten Kaur. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari tiga variabel yaitu Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1), Manajemen Budaya Sekolah (X2), dan Kinerja Guru (Y). Instrumen penelitian divalidasi dengan analisis item dengan pengujian menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk uji reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya manajemen sekolah secara bersama-sama berhubungan positif dengan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Kaur. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 23,945 lebih besar dari Ftabel 3,14 berdasarkan uji F. Koefisien nilai r pada uji hipotesis menunjukkan nilai 0,651 dan diartikan bahwa tingkat hubungan antara variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen budaya sekolah terhadap kinerja guru di Kabupaten Kaur termasuk dalam kategori kuat.

Keywords

Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah Manajemen Budaya Sekolah Kinerja Guru

Article Details

References

  1. Anwar, Syaiful dan Supardi. 2002. Dasar – Dasar Perilaku Organisasi. Jogjakarta: UUI Press Jogjakarta.
  2. Amir, M Taufik. 2017. Merancang Kuesoner: Konsep dan Panduan Untuk Penelitian kepribadian dan Perilaku. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
  3. Bass, B.M& Riggio, R.E. 2006. Transformational Leadership. 2nd ED. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc
  4. Conklin,Wendy. : Higher Thinking Skills: To Develop 21st Learners.Huntington Beach: Shell Education.
  5. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
  6. Danim, Sudarwan & Danin, Yuan. 2011: Administrasi Sekolah & Manajemen Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.
  7. Everson, Carolyn M & Emmer.Edmund T. 2015.Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
  8. Ghozali, Iman.2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  9. Kemendikbud, Unicef dan Universitas Negeri Malang, 2013, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Berbasis Sekolah, Jakarta, Kemendikbud, Unicef dan Universitas Negeri Malang
  10. -------, Manajemen Budaya Sekolah dan Lingkungan Berbasis Sekolah, Jakarta. Kemendikbud, Unicef dan Universitas Negeri Malang
  11. Kompri. 2015. Manajemen Pendidkan 1. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  12. Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Srtifikasi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Universitas Musi Rawas
  13. Nepriliza. 2015. Manajemen Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, volume 9, juli 2015.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.