Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan supervisi kepala sekolah terhadap guru kimia dalam perencanaan supervisi, implementasi supervisi, evaluasi hasil supervisi dan tindak lanjut supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki makna mendiskripsikan suatu penelitian yang sedang dilaksanakan secara alamiah, faktual dan sistematis. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan pengawas pembina. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data dilakukan secara deskriptif  kualitatif dengan penekanannya pada usaha menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dengan berfikir formal argumentative. Simpulan penelitian ini bahwa supervisi kepala sekolah terhadap guru kimia dalam dalam perencanaan supervisi, implementasi supervisi, evaluasi hasil supervisi dan tindak lanjut supervisi di SMA Negeri 4 Seluma telah dilaksanakan dengan baik secara rutin dan berkesinambungan

Article Details

References

  1. Amin, MT. 2016. Pengaruh Professionalitas Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Kinerja Guru Sma Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(16), 119-131.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: Pusta Setia.
  3. Moleong, 2009.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Nazir, 2000.Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  5. Purwanto, Ngalim, 1999. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Media.
  6. Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.
  7. Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed, 1. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group