Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi inovasi pengelolaan pembelajaran seni musik di SMPN 01 Lebong. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: 1) Inovasi perencanaan pembelajaran seni musik; 2) Inovasi pelaksanaan pembelajaran kompetensi seni musik; 3) Inovasi evaluasi hasil pembelajaran seni musik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi evaluatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Inovasi perencanaan pada pembelajaran seni yang dilaksanakan di SMPN 01 Lebong sudah berjalan efektif sesuai dengan petunjuk pada Permendikbud no 22 tahun 2016 tentang standar proses; 2) pelaksanaan pembelajaran seni music di dalam kelas sudah  inovatif; 3) Evaluasi di SMPN 01 Lebong juga sudah cukup inovatif.

Article Details

References

  1. Awaludin, T, M. 2016. Pelaksanaan Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Darul Falah Enrekang Kabupaten Enrekang. Makasar
  2. Depdiknas RI. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Ibrahim. 1998. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek
  4. Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikakan (KTSP). Jakarta: Kencana
  5. Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
  6. Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.