Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian Sini untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Alam Mahira. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melalukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, dan guru kelas tinggi. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa. Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Alam Mahira terintegrasi di semua program dan mata pelajaran, strategi dan metode pembelajaran, serta pembiasaan perilaku oleh semua komponen sekolah. Pendidikan karakter juga dilaksanakan dengan keteladanan atau pembiasaan-pembiasaan penanaman niai-nilai karakter yang direkomendasikan dalam Permendikbud (2018), yaitu meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung

Article Details

References

  1. Cubukcu, Zuhal. (2012). The Effect of Hidden Curriculum on Character Education Process of Primary School Students. http://eric. ed. gov/?id=EJ987859
  2. Gunawan H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung : Alfabeta Bandung
  3. Koesoema, Doni A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
  4. Permendikbud No 20. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
  5. Sudaryanti. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 1(1)