Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kontribusi kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, (2) menguji kontribusi kepemimpinan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, dan (3) menguji kontribusi kecerdasan emosional dan kepemimpinan secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah kepala sekolah SMP/MTS dan SMA/SMK/MA yang berjumlah 72 kepala sekolah, sampel berjumlah 61 kepala sekolah, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen kecerdasan emosional, kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) terdapat kontribusi kecerdasan emosional yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, (2) terdapat kontribusi kepemimpinan yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah, dan (3) terdapat kontribusi kecerdasan emosional dan kepemimpinan secara bersama-sama yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal.

Article Details

References

  1. Djafri. N. 2014. Manajemen Kecerdasan Emosi untuk Kepala sekolah. Ideas Publishing, Gorontalo 2014.
  2. DeVito, J.A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan oleh Agus. M. Jakarta: Karisma Publishing Group.
  3. Djafri, Novianty. 2015. Pengaruh Pengetahuan Manajemen dan Kecerdasan Emosi terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Provinsi Gorontalo. Seminar Nasional Riset Inovatif Iv, Tahun 2015.
  4. Nawawi, Hadari. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada Univessity Press.
  5. Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Danim, Sudarwan.. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.