Main Article Content

Abstract

tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengelolaan perilaku individu dan pengelolaan perilaku kelompok di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perilaku individu di SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan dilakukan berdasarkan kriteria pengelolaan sikap kerja, dan persepsi kerja serta pengelolaan perilaku kelompok berdasarkan pengelolaan kelompok dan tim kerja serta pengelolaan komunikasi dalam organisasi. Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan perilaku indidvidu dan perilaku kelompok dalam suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan satuan pendidikannya.

Article Details

References

  1. Friday, Edeh Ogbu Friday dan Joy N. Ugwu. 2019. Organisational Justice And Employee Commitment Of Selected Private Secondary Schools Teachers In Nigeria. International Journal of Management & Entrepreneurship Research. Vol. 1(1), pp. 18-30.
  2. Nurlalili. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Khairun (Lekhair).
  3. Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. 2018. Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. IDARAH Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. Volume 2. No. 1, halaman 80-101.
  4. Tewal, Bernhard, dkk. 2017. Perilaku Organiasi. Bandung: Media Grafindo.
  5. Ulum, M. Chazeinul. 2016. Perilaku Organisasi: Menuju Orientasi Pemberdayaan. Malang: UB Press.
  6. Utaminingsih. Alifiulahtin. 2014. Perilaku Organisasi (Kajian Teoritik dan Empirik terhadap Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kepercayaan dan Komitmen). Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).