Main Article Content

Abstract

Ditengah maraknya dekadensi moral saat ini, pendidikan karakter sangatlah penting untuk diterapkan di lembaga pendidikan atau sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan pendidikan melalui penerapan budaya karakter di SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan. Menempatkan peserta didik sebagai pusat kegiatan belajar dan memberi pemahaman akan pentingnya pendidikan karakter dalam proses pencarian pengetahuan dan informasi. Untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai karakter, SMK Negeri 1 Bengkulu Selatan bersinergi dengan orang tua dan masyarakat. Budaya karakter yang baik dapat dikembangkan melalui: (1) Kegiatan pembelajaran, (2) Kegiatan ekstrakurikuler, dan (3) kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Dengan memahamkan pentingnya pendidikan karakter kepada peserta didik, sehingga diharapkan nanti peserta didik mampu menginternalisasi karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dengan memiliki karakter peserta didik yang baik, Sekolah diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan, sehingga memiliki daya saing di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Hasil evaluasi dapat dijadikan panduan untuk melakukan inovasi pada tahun pembelajaran berikutnya. Dari hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam proses inovasi, diperlukan peran pendidik sebagai sosok panutan dan tauladan, serta untuk pembinaan karakter perlu dilakukan secara intensif di sekolah secara berkesinambungan.

Article Details

References

  1. Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2016). Teaching character and virtue in schools. Routledge.
  2. Damon, W. (Ed.). (2013). Bringing in a new era in character education (No. 508). Hoover Press.
  3. Kristjánsson, K. (2015). Aristotelian character education. Routledge.
  4. Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103-112.
  5. Mulyasa, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2012),
  6. Nucci, L., & Narváez, D. (Eds.). (2014). Handbook of moral and character education. Routledge.
  7. Saidek, A. R., & Islami, R. (2016). Character Issues: Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia. Journal of Education and Practice, 7(17), 158-165.