Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini akan mencoba mengevaluasi proses belajar dan mengajar berbasis Teknologi Infrormasi (Daring) pada MAP-FKIP UNIB di masa krisis. Paradigma penelitian adalah penelitian kualitatif, metode analisis diskriftif kualitatif  dengan analissis  SWOT. Hasil penelitian menunjukakan  bahwa  kekuatan yang dimiliki MAP saat ini adalah jumlah mahasiswa dan dosen yang cukup. Kelemahan terjadi pada pembelajaran daring adalah belum terbiasa dengan perangkat tekonologi Infprmasi atau  dengan jaringan(Daring),sehingga i belum maksimal. Hal ini disebabkan karena belum terbiasa menggunakan tekonologi informai. Peluang, masih terbuka pengembangan infrastruktur teknologi dan sumberdaya manusia. Ancaman yang terjadi masih lemahnya budaya teknologi pada mahasiswa,  Terdapat kendala  perangakat Wifi, jaringan internet di daerah-daerah yang belum merata

Keywords

Evaluasi Pengajaran Teknologi Informasi dan krisis

Article Details

References

  1. Anonimus, 2005, DIRJEN-DIKTI, Kebijakan Baru Pengembangan Pendidikan Tinggi.
  2. Anonimus, 2006, Universitas Bengalau, RENSTRA-RENOP, Bengalau
  3. Anonimus, 2007 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, DEPDIKNAS, Jakarta
  4. Allen., Mark ,(ed) 2002, The Corporate University Handbooks: Designing, Managing, and Growing a sucessful Program,New york,Amacom.
  5. Bargh, Catherine et,al, 1996, Coverning University : Changing the culture, Buckingham : SRHE, and Open University.
  6. Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
  7. Chris Duke, Managing The Learning University, SRHE and Open University Press, Ballmoor, Buckingham, 2002
  8. Jarvis , Peter,2001, Universities and Corporate Universities, London, Kogan Page Limited.
  9. ............, 2000, University Leadership :The Role of chief Executive, Buckingham : SRHE, and Open University.
  10. Dun.W.N, 1994, Public Policy Analysis: an Introduction.NJ, Printice –Hall,
  11. John M. Bryson, 2004 Strategic Planning for Public and Nonprofit Ortganization : A Duide to Strenghening and Sustaining Organizational Achievment, John Wley & Sons.
  12. Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J.(2013). Recommendations for
  13. Implementing the Strategic Initiative Industrie 4.0. Industrie 4.0
  14. Working Group, Germany.
  15. Kohler, D, & Weisz, J.D. (2016). Industry 4.0: the challenges of the transforming manufacturing. Germany: BPIFrance.
  16. Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, Printice –Hall, Inc, New Jersey, USA.
  17. Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bandung
  18. Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.
  19. Porter .E Michael, 1980, Competitive Strategy :Techniques for Analiyzing Industries and Competitors, The Free Press, Macmillan .NY.
  20. R. Eko Indrajit dan R. Djokopranoto, 2006, Manajemen Perguruan Tinggi Moderen, Andi Offset, Yogyakarta.
  21. Thomas L. Wheelen and J.David Hunger, ,2002 Strategic Management and Business Policy, 8th edition ,Prentice Hall.
  22. Robert Heinich, Melonda, M. & Rossel, J.D, Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, Integrating Computers an.d Using Media, 3rd Edition Londen: Routledge; 1996.
  23. Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 3; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
  24. Scott, Peter, (ed), 2000 Higher Education Re-Formed, London, Falmer Press.
  25. Slaught, Sheila, and Larry L.Leslie, 1997, Academic Capitalism : Politics, policies, and Entreupeurnerial University,: Boltimore: The John Hokins University Press,
  26. Slameto,2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. jakarta: Rineka Cipta.
  27. Shattock, Michael, 2004, Managing Successful Universities, Open University Press, McGraw, Hill.USA.
  28. Soedijarto, 2008, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita, PT. Kompas Media Nusantara, Cetakan pertama.
  29. Sutjipto, Tantangan, Kebijakan dan Manajemen Pendidikan Tinggi: Implikasi Terhadap Transformasi IKIP Menjadi Universitas, Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta, 2002
  30. Tilaar,H.A.R, 2000 Paradigma Baru Pendidikan Nasional, PT.Rinike Cipta, Jakarta
  31. Warner, David and David Palfreyman (ed), 1996, Higher Education Management: The Key Element , Buckingham, SRHE and Open University Press.