Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penyelesaian konflik sekolah dengan orang tua siswa di SMP Negeri Pulau Kidak Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas utara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) konflik yang terjadi di sekolah adalah konflik antara orang tua siswa dengan guru di sekolah tentang permasalahan siswa di sekolah, 2) strategi dalam menyelesaikan konflik antar guru dalam hal ini sekolah dengan orang tua siswa yaitu; penghindaran, kompromi, dan musyawarah, sehingga konflik yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik, 3) dengan memberikan pengertian kepada kedua belah pihak maka konflik dapat diselesaikan dan kedua belah pihak menerima keputusan yang telah ditentukan. Simpulan strategi penyelesaian konflik sekolah dengan orang tua siswa di SMP Negeri Pulau Kidak Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas utara, yakni dengan cara kompromi, dan membangun komunikasi dua arah sehingga terjadi perdamaian antar pihak sekolah dengan orang tua siswa

Keywords

Penyelesaian Konflik Orang Tua Siswa

Article Details

References

  1. Anzizhan, 2015.Konflik dalam Organisasi Sekolah.Jurnal Tarbiyah, 22(1), 114-131
  2. Jefri Heridiansyah, 2014. Manajemen Konflik dalam Sebuah Organisasi”, Jurnal STIEemarang, 6(1)
  3. Kadariah, 2019. Peranan Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dengan Anak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1), 37-43
  4. Rofiq, 2018. Manajemen Konflik, Edumanajemen, 2(3), 76-97
  5. Zulkarnain, 2010.Manajemen Konflik dalam Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah. Albayyan, 4(1), 15-25
  6. Miftahudin, 2015. Manajemen Konflik di Sekolah Menengah, Universitas Muhammadiyah Surakarta