Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi guru-siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19; (2) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan komunikasi guru-siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19; (3) mendeskripsikan usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan komunikasi antara guru-siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode penelitian etnografi, subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman waancara, dan lembar observasi.  Pelaksanakan komunikasi guru-siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi covid-19 mencakup: guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Hambatan pelaksanakan komunikasi guru dengan siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi covid–19 yang sering terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah tidak semua siswa memiliki handphone dan jaringan internet yang susah tentu sangat berdampak pada pembelajaran. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanakan komunikasi guru dengan siswa adalah guru memberikan tambahan waktu dalam pengumpulan tugas karena koneksi internet yang tidak stabil, siswa yang tidak memiliki smartphone untuk kegiatan pembelajaran daring agar dapat belajar dengan datang ke sekolah satu minggu sekali untuk mengambil tugas kepada guru

Keywords

Komunikasi Pembelajaran Covid-19

Article Details

References

  1. Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
  2. Arikunto, S. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
  4. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  5. Inah, E. N. 2015. Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Ta'dib, 8(2), 150-167.
  6. Malik, A. 2014. Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168-173.
  7. Nadia, R. P., & Delliana, S. (2020). Peran Komunikasi antara Guru dan Murid dalam Membangun Minat Belajar di Komunitas Jendela Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(1), 83-94.
  8. Pratiwi, I. W. 2020. Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 30-46.
  9. Pertiwi, R. K., & Sutama, S. 2020. Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350-365.
  10. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
  11. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajarandalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  12. Sanjaya, Wina. 2018. Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  13. Sardiman, A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  14. Suranto, AW. 2015. Komunikasi Perkantoran Prinsip Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana