Main Article Content

Abstract

Masalah umum dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan model blok dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan nilai kepemimpinan siswa di SMP N 7 Lubuklinggau. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan nilai kepemimpinan siswa di SMP N 7 Lubuklinggau, dengan cara 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan nilai kepemimpinan siswa, 2) Mendeskripsikan hal-hal yang dibutuhkan dalam pengembangan model blok dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan nilai kepemimpinan siswa, 3) Mengembangkan model hipotesis pengelolaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan nilai kepemimpinan siswa. Desain penelitian menggunakan metode Research and Development (R & D). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka dan siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan block model pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan nilai kepemimpinan siswa di SMP N 7 Lubuklinggau. Hasil pengembangan yang dilakukan adalah model hipotetis.

Keywords

Ekstrakurikuler Pramuka Kepemimpinan Model blok

Article Details

References

  1. Ariani, D. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan , 65-74.
  2. Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Hadi, A. (2013). Konsep Analisis SWOT Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah . Ilmiah Didaktika , 143-158.
  4. Imron, A., Ratnawati, I., & Benty, D. D. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Administrasi dan Manajemen Pendidikan , 284-292.
  5. Rencana Strategis Gerakan Pramuka 2019 - 2024. (2019). Jakarta: Kwartir
  6. Sabda, M. (2019). Hubungan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kepemimpinan Siswa Pramuka pada Siswa Kelas IX MAN 2 Kota Serang.
  7. Safitri, N. D. (2013). Penanaman Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan Pramuka. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  8. Sasongko, R. N., & Dkk. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Makalah, Referensi, dan Tesis). Bengkulu: Prodi MAP PPs FKIP Universitas Bengkulu.
  9. Susanti, S. A., Nurmalisa, Y., & Pitoewas, B. (2015). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Pembentukkan Sikap Kepemimpinan Siswa. Kultur Demokrasi , 195-206.
  10. Taufik. (2015). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Gerakan Pramuka Pada SMA Muhamadiyah Kalosi Kec. Alla Kabupaten Enrekang. Tomalebbi , 40-46.
  11. Umar, A. (2014). Pembinaan Kepemimpinan Siswa Melalui Kegiatan OSIS SMP Bakti Mulya 400 Jakarta. 31.
  12. Watkins, A. (2020). Owning Honors: Outcames for a Student Leadership Culture . The National Collegiate Honors , 103-124.
  13. Welby, K. A. (2018). Decades of Succes in educational leadership. Creighton Journal of Interdisciplinary Leadreship , 59-63.
  14. Wijayanti, R., Burhanuddin, & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Administrasi dan Manajemen Pendidikan , 199-207