Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan manajemen kelas di Sekolah Dasar Negeri 1 dan 7 Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi komparatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 dan 7 Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penciptaan suasana iklim kelas yang kondusif telah dilaksanakan dengan penerapan pendekatan student centered, pemberian penghargaan guru atas partisipasi siswa, penerapan sikap demokratis dalam pembelajaran dan  pengelolaan konflik yang dialogis; (2) pengelolaan perilaku siswa telah diterapkan dengan pemberian motivasi dan menstimulasi keaktifan siswa; (3) Fisik kelas ditunjukkan dengan kelengkapan sarana kelas yang ada

Keywords

Manajemen Kelas Sekolah Dasar

Article Details

References

  1. Annisa, R. R., Pratisti, W. D., & Uyun, Z. (2019). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 123-130.
  2. Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone, Vol. 11, No. 1 (41-62)
  3. Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  4. Callaghan, Vanessa. 2015. Beyond Good Manners: Gratitude and Student Engagement in Lower Elementary. Retrieved from Sophia, the St. Catherine University repository website: https://sophia.stkate.edu/maed/106
  5. Delceva, Jasmine. (2014). Classroom Management. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education Vol. 2, No.1 [51-56]
  6. Fatmawati , Nur., Andi Mappincara & Sitti Habibah. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 (116-121) e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203
  7. Fiana, Fani Julia., Daharnis & Mursyid Ridha. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 23 No 2 (26-33)
  8. Kalin, Jana; Peklaj, Cirila; Pecjak, Sonja; Levpuscek, Melita Puklek; Valencic Zuljan, Milena. (2017). Elementary and secondary school students, perceptions of teachers, classroom management competencies. CEPS Journal Vol 7 No 4[37-62]
  9. Muindi, Elizabeth Ndunge., Jonathan Muema Mwania & Joseph K. Metet. (2017). Influence of Collaboration as a Conflict Management Style on Academic Performance in Secondary Schools in Makueni Sub-County, Makueni County, Kenya. International Journal of Education and Research Vol. 5 No. 2 [49-60]. ISSN: 2411-5681
  10. Nagler, Katharina Sieberer. (2016). Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language Teaching; Published by Canadian Center of Science and Education Vol. 9, No. 1[163-172] ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750
  11. Romas, Muslimah Zahro. (2006). Pengaruh Pujian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. Vol.2 (1-9). ISSN: 1858-3970
  12. Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  13. Shamina E & Mumthas N.S. (2018). Classroom Management: Implications for Teacher Preparation Programmes. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 23, Issue 1, Ver. 3 [41-44], e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845.
  14. Shinn, Yun Ho. (1997). Teaching strategies, their use and effectiveness as perceived by teachers of agriculture: A national study. Retrospective Theses and Dissertations. 12244. https://lib.dr.iastate.edu/rtd/12244
  15. Sudirman, N. (1987). Ilmu Pendidikan-KurikulumProgram Pengajaran-Efek Instruksional dan Pengiring CBSA-Metode Mengajar-Media Pendidikan-Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Remadja Karya
  16. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  17. Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
  18. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
  19. Suwarjo, Ika Budi Maryatun, Nurul Kusumadewi. 2012. Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta). Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1 [79-102]
  20. Utami, Tias Dwi & Nurhuda. (2019). Pengaruh Keterampilan Variasi Stimulus Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Bidang Studi Ekonomi Di Sma Ylpi Pekanbaru. Peka: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 7 No 2 (21-27) P-ISSN: 2337-652x | E-ISSN: 2598-3253