Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan disiplin kerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar di Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara berdasarkan persepsi kepala sekolah, teman sejawat dan siswa. Metode  penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian, kepala sekolah, guru dan siswa. kelas 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Data dianalisis dengan rumus prosesntase. Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran menurut persepsi kepala, teman sejawat maupun siswa dalam kategori sedang. Disiplin kerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran menurut pesepsi kepala, teman sejawat maupun siswa dalam kategori sedang. Disiplin kerja guru  dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran menurut pesepsi kepala, teman sejawat maupun siswa dalam  kategori sedang.  Disarankan kepala sekolah melakukan pembinaan dengan membuat buku  disiplin guru

Keywords

Disiplin Tugas guru Pembelajaran

Article Details

References

  1. Abdul Rahman. 2014. Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan.Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan
  2. Gibson, A. 1996.Organisasi dan Manajemen, Perilaku Struktur dan Proses.
  3. Jumriah, Haedar Akib, & Muhammad Darwis. 2016. Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Jurnal Office, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. ISSN: 2722-3655 Vol. 2 No.1, 2016.
  4. Kania Teja Utari, Rasto. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal. Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis. UPI. Vol. 4 No. 2, Juli 2019. ISSN 2656- 4734
  5. Patmarina,& Erisna. 2012. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pegawai. (Terjemahan Susanto Budidharmo). New York: KEND
  6. Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  7. Pidarta, 1996. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Bina Rineka Cipta.
  8. Rizki & Suprajang. 2017.Analisis Kedisiplinan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 2(1).
  9. Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta CV.
  10. Singgih D, Gunarsa. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta ; BPK Gunung Mulia.
  11. Siti Bariroh.2015. Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2 November 2015.
  12. Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  13. Susanti, I. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja, Pengawasan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt.Mmw Di Sidoarjo. Jurnal Akuntansi, 2(2), 13. https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i2.100
  14. Tulus, Tu'u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo