Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan) dan evaluasi implementasi protokol kesehatan Covid-19 era kebiasaan baru pada pembelajaran tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Kabupaten Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protokol kesehatan Covid-19 di era kebiasaan baru pada pembelajaran tatap muka telah diimplementasikan di SMP Negeri 8 Kabupaten Kaur yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan (pengarahan) dan evaluasi sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah

Keywords

Protokol Kesehatan Covid-19 Kebiasaan Baru.

Article Details

References

  1. Adzkia, Aghnia. (2021). “Covid-19: Setahun pandemi virus corona, Indonesia belum aman masih 'stadium empat'. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56238695. Diakses pada 27 Juni 2021
  2. Carvalho, Shelby., Jack Rossiter, Noam Angrist, Susannah Hares, Rachel Silverman. (2020). Planning for School Reopening and Recovery After Covid-19: An Evidence Kit for Policymakers. Washington DC: Center for Global Development. Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0
  3. Dolfinus, Y. Bouway. Sinaga Yoshua.I., Mamani Christanto.R., Subratha I Dewa.G.A., Azwad Rizky.H., Ratnasariani.W., Aibesa Adventa.A.M. (2021). Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol COVID-19 pada Masa Pemberlakuan New Normal di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, Volume 16, Nomor 1(26-33)
  4. Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379–389. doi:10.1002/casp.2124
  5. Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  6. Keputusan Bersama 4 Menteri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri
  7. Mardhatillah, Lilla. (2017). Komunikasi Dan Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Umum Bidang Angkutan Di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4 No. 1 (1-10)
  8. Nugroho, Muhammad Marshal., Amarrakhaisya Syamsuar, Ameerakhaiya Syamsuar, Hafizh Muhammad Anfasha Yunaryo, Lintang Ambar Pramesti, Ma'ruf Nurrudin, Muhammad Alif Darmamulia, Rachiny Anantridha Fasya, Salsabilla Husna Haniffah, Sanjika Ilham Putra Lumban Gaol, Ernawati. (2020). Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Di Indonesia Pada Tahun 2021. Journal Publicuho. ISSN 2621-1351 (online). ISSN 2685-0729 (print). Volume 3 Number 3 (November-January), (2020) pp.523-542. DOI: 10.35817/jpu.v3i4.15522
  9. Nur’aini, Ratna Dewi. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA, Vol. XVI No. 1 (92-104)
  10. Parinussa, Nenny. (2020). PKM Anak SMTPI Ambon Timur Maknai Adaptasi Kebiasaan Baru Yang Lebih Sehat Pada Era Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Literasi Media. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol.1 No.2 (179-186)
  11. Riyadi dan Putri Larasaty. (2020). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. Seminar Nasional Official Statistics 2020: Pemodelan Statistika tentang Covid-19 (45-54)
  12. Rumbiak, Warya Awersendi S., Witarsa Tambunan. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Penyiapan Sarana Dan Prasarana Pada Perencanaan Pembelajaran Tatap
  13. Muka Di Sma Kristen Barana. Jurnal Manajemen Pendidikan. ISSN 2301-5594. E-ISSN 2301-5594. Vol. 10 No. 01 (28-36)
  14. Saifulloh, Ahmad Munir dan Mohammad Darwis. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, Vol. 03 No. 02 (285-311)
  15. Sanjaya, Wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
  16. Shaleh Muh., La Ode Anhusadar. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5. Issue 2 (2158-2167). ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1139
  17. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  18. Triwiyanto, Teguh. (2015). Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, Dan Pelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXIV, No. 1 (67-77)
  19. Waluyati, Ida., Tasrif, Arif. (2020). Penerapan New NormalDalam Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah. EduSociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi Vol.III No.2 (50-61)