Main Article Content

Abstract

Abstract:The style or way, and the managerial ability of the principal in his capacity as a leader is crucial to success in improving teacher performance under his / her leadership. The purpose of this research is to obtain data about the influence of leadership style and principal managerial ability on teacher performance. Using a quantitative approach, questionnaire data collection techniques, data analysis techniques with quantitative analysis. The result of this  research indicates that leadership style independently gives effect to teacher performance and managerial ability of principal also influences independently of teacher performance, then jointly leadership style and managerial skill of principal have an effect on to teacher performance in primary school at right latitude. It is suggested that the principal can apply a better or varied leadership style and also improve his managerial leadership skills so that the desired goals can be achieved properly and maximally.

 

Keywords: Leadership Style, Managerial Ability and Teacher Performance

 

Abstrak: Gaya atau cara, dan kemampuan manajerial kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemimpin sangat penting bagi keberhasilan dalam meningkatkan kinerja guru di bawah kepemimpinannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang pengaruh gaya kepemimpinan dan kemampuan manajerial utama terhadap kinerja guru. Dengan menggunakan hasil kuantitatif, teknik pengumpulan data kuesioner, teknik analisis data dengan analisis kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan secara independen berpengaruh terhadap kinerja guru dan kemampuan manajerial kepala sekolah juga berpengaruh secara independen terhadap kinerja guru, maka gaya kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala sekolah secara bersama berpengaruh terhadap kinerja guru di sekolah dasar pada lintang kanan. Disarankan agar kepala sekolah dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang lebih baik atau beragam dan juga meningkatkan keterampilan kepemimpinan manajerialnya sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan baik dan maksimal.


Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial dan Kinerja Guru

Article Details

References

  1. ______. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
  2. A.L Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.
  3. E. Mulyasa. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
  4. Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Kemendiknas. 2007. Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
  6. Siswanto, Bejo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Sudarwan, Danim. 2012. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  10. Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  11. Sukarno Andhy Yahya. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Budi Luhur Semarang. Tesis. IKIP Semarang.
  12. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
  13. Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta.
  14. ______. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
  15. A.L Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.
  16. E. Mulyasa. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
  17. Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  18. Kemendiknas. 2007. Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
  19. Siswanto, Bejo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
  20. Sudarwan, Danim. 2012. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
  21. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  22. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  23. Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  24. Sukarno Andhy Yahya. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Budi Luhur Semarang. Tesis. IKIP Semarang.
  25. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
  26. Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta.
  27. ______. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
  28. A.L Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.
  29. E. Mulyasa. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
  30. Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  31. Kemendiknas. 2007. Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
  32. Siswanto, Bejo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
  33. Sudarwan, Danim. 2012. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
  34. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  35. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  36. Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  37. Sukarno Andhy Yahya. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Budi Luhur Semarang. Tesis. IKIP Semarang.
  38. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
  39. Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta.
  40. ______. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
  41. A.L Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.
  42. E. Mulyasa. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
  43. Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  44. Kemendiknas. 2007. Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
  45. Siswanto, Bejo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
  46. Sudarwan, Danim. 2012. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
  47. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  48. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  49. Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  50. Sukarno Andhy Yahya. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Budi Luhur Semarang. Tesis. IKIP Semarang.
  51. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
  52. Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion). Jakarta: Alfabeta.