Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana aktualisasi peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator di SMP Negeri 02 Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, kuisoner, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan sudah terlihat dalam hal memberi pertimbangan tentang sarana dan prasarana yang dapat diperbantukan di sekolah, sedangkan peran mengidentifikasi sumber daya pendidikan, proses pengelolaan pendidikan dan proses pembelajaran belum menunjukkan perannya secara optimal. Peran komite sekolah sebagai badan pendukung terlihat dalam hal dukungan materil berupa pengelolaan sarana dan prasarana dan dukungan non materi dalam bentuk sumbangan pemikiran dan ide-ide. Peran komite sekolah sebagai pengontrol dan pengawasan belum menunjukkan kinerjanya. Peran komite sekolah sebagai mediator telah berjalan dalam hal menjadi penghubung antara komite sekolah dengan masyarakat.

Article Details

References

  1. Ali Hanapiah Muhi. (2006). Eksistensi Komite Sekolah, jurnal.
  2. Depdiknas, (2004). Acuan Operasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah, Jakarta.
  3. Moleong, L.Y. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi . Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya
  4. Muslim, M., (2003). Transparansi Anggaran Pendidikan dan Peran Komite Sekolah. http://www.antikorupsi.org/mod.php
  5. Sugiyono, (2009). Memahami penelitian kualitatifdan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta