Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komitmen guru bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik dalam meningkatkan kompetensi professional pada SMP Negeri 01 Pendopo Kabupaten Empat Lawang ?. dalam melaksanakan kegiatan penelitian, peneliti lebih banyak berinteraksi dan mengamati kegiatan yang dilakukan guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik  pada SMP Negeri 01 pendopo dalam upaya meningkatkan kompetensi professional sekaligus membantu pemerintah dalam mencapai standar nasional pendidikan. Adapun cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian tentang komitemen guru yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik dalam meningkat kompetensi profesional dalam bidang pengembangan profesi ada perbedaan sebab guru yang sudah bersertifikat pendidik ada yang telah menlanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ( S2) sedangkan yang belum bersertifikat pendidik belum ada yang mengikuti dengan berbagai alasan juga dalam mengikuti kegiatan workshop guru yang yang bersertifikat pendidik dengan sangat antusias mengikuti kegiatan  tersebut senangkan guru yang belum bersertifikat hanya sebagian yang mau ikut dalam kegiatan tersebut. Dalam bidang penguasan bahan kajian akademik guru baik guru yang sudah maupun yang belum bersertifikat pendidik telah menunjukan komitmen yang baik, sedangkan dalam bidang pemahaman wawasan, guru yang bersertifikat pendidik sudah ada yang sebagian  menulis artikel  ilmiah sedangkan guru yang belum bersertifikat pendidik belum sama sekali membuat walau telah beberapa kali diadakannya workshop maupun pelatihan baik yang dilakukan di sekolah dengan mengundang narasumber yang berkopenten maupun yang diadakan di kabupaten.

Kata Kunci : Komitmen, guru bersertifikat pendidika dan guru yang belum bersertifikat pendidik

Article Details

References

  1. Noto, Atmojo, (1993). Kerangka Konseptual Mutu Pendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional Guru. Jakarta : Metropolis
  2. Saondi, (2010). Cara Efektif Menujuh Sertifikasi Guru. Jakarta : Raih Asa Sukses
  3. Slameto, (2002). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Jakarta : Depdikbud
  4. Soekamto, Soerjono, (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Bina Aksara
  5. Soemardjo, (2004). Profesional Kinerja Guru Menyongsong Masa Depan.Jakarta : Rajawali