Naturalis, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan

Editorial Policies

Focus and Scope

Naturalis (ISSN:2302-6715) diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (S2) Universitas Bengkulu dan digunakan sebagai media diseminasi hasil penelitian dalam bentuk full research article, short communication maupun kajian pustaka (review article) mengenai aspek-aspek Ilmu Lingkungan. Jurnal Naturalis menerima artikel dalam bahasa Indonesia dengan meliputi beberapa topik kajian lingkungan diantaranya Manajemen Lingkungan, Ekologi Lingkungan, Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Pembangunan dan Lingkungan, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Perencanaan dan Administrasi Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Rekayasa Lingkungan dan Pencemaran Lingkungan, dan Sistem Informasi Lingkungan

 

Section Policies

ARTIKEL NATURALIS 2012

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2013

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2014

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2015

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2016

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2017

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

ARTIKEL NATURALIS 2018

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Tinjauan Review Ganda :

Dalam proses peninjauan, penulis dan peninjau tidak saling mengenal.

Kebijakan Reviewer:

Berikan komentar dan koreksi pada naskah
Buat ringkasan lembar penilaian lengkap
Berikan saran atau saran yang jelas kepada editor
Jika reviewer merekomendasikan "diterima" oleh revisi, jelaskan dengan jelas bagaimana revisi harus dibuat
Jika pengkaji merekomendasikan "menolak" itu harus memberikan jurnal atau saran alternatif, sehingga prospek "pengiriman ulang" atau "penyerahan" di tempat lain akan menjadi mungkin

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

ETIKA PUBLIKASI

TUGAS PENULIS

1. Standar Pelaporan:

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif dari signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses Data:

Penulis diminta untuk menyediakan data mentah sehubungan dengan kertas untuk tinjauan editorial jika diperlukan.

3. Orisinalitas dan Plagiarisme:

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

4. Publikasi Multiple, Redundant atau Serentak:

Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan naskah yang menjelaskan pada dasarnya penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

5. Pengakuan Sumber:

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.

6. Pengarang Kertas:

Karangan harus dibatasi bagi mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan pada konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang tepat dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah ini dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

7. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

8. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas tersebut.

9. Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan:

Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini di dalam naskah.

 

Tugas Editor

Editor Tugas
1. Fair Play:

Editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

2. Kerahasiaan:

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis, peninjau, peninjau potensial, penasihat editorial lain, dan penerbit yang sesuai, sebagaimana mestinya.

3. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam manuskrip yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

4. Keputusan Publikasi:

Jurnal redaksi bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dari dewan editor jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang berlaku saat ini terkait dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

5. Ulasan Manuskrip:

Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan ulasan sejawat secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses tinjauan sejawat mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian mana dari jurnal yang ditinjau sejawat. Editor harus menggunakan peninjau sejawat yang tepat untuk makalah yang dipertimbangkan untuk dipublikasikan dengan memilih orang dengan keahlian yang cukup dan menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.

 

TUGAS PENELAAH

1. Kontribusi untuk Keputusan Editorial:

Ulasan rekan membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

2. Promptness:

Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam naskah atau tahu bahwa tinjauan cepatnya tidak mungkin harus memberi tahu editor dan memaafkan dirinya sendiri dari proses peninjauan

3. Standar Objektivitas:

Tinjauan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi dari penulis tidak tepat. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

4. Kerahasiaan:

Manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terhubung ke kertas.

6. Pengakuan Sumber:

Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor jika ada kemiripan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

 

Penyaringan Plagiasi

Untuk memeriksa kemungkinan plagiarisme, gunakan aplikasi Plagiarisme Checker atau Cross-Check