PERTUMBUHAN BAMBANG LANANG (Michelia champaca L) PADA ORGANIC BLOCK LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DENGAN UKURAN BERBEDA

Fatria Nova Cristin Ningrum (1) , Enggar Aprianto (2) , Agus Susatya (3)
(1) PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk Kabupaten Rejang Lebong , Indonesia
(2) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Kayu masih menjadi komoditas penting dari hutan di Indonesia karena kayu merupakan sumberdaya yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan, walaupun tergolong sebagai sumberdaya yang dapat diperbaharui namun keberadaannya terus mengalami penurunan potensi karena kebutuhan yang semakin meningkat. Limbah padat industri kelapa sawit mengandung bahan organik yang tinggi sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan. Penanganan limbah secara tidak tepat akan mencemari lingkungan. Limbah serat buah sawit merupakan bahan organik yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk menjadi bahan atau barang lain yang bernilai ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran yang terbaik pada pertumbuhan semai bambang lanang (Michelia champaca L). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 6 kali ulangan. Ukuran media tanam organik terdiri dari U1 (636 cm3), U2 (441 cm3) dan U3 (283 cm3), dengan tinggi media 10 cm. Parameter yang diamati adalah tinggi semai, diameter semai, jumlah daun, luas daun berat kering tanur semai, dan indeks mutu semai. Taraf perlakuan ukuran U1 memberikan respon terbaik terhadap pertumbuhan semai.

Full text article

Generated from XML file

References

Azizah, A.N. 2014. Kualitas Semai dan Sistem Perakaran Stek Pucuk dan Okulasi Jati pada berbagai Ukuran Kontiner di Persemaian Hutan Wanagama I. UGM, Yogyakarta.
Budi,S.W., A. Sukendro, L. Karlinasari. 2012. Penggunaan Pot Berbahan Dasar Organik untuk Persemaian Gmelina arborea Roxb. di Persemaian. Fakultas Kehutanan : Institut Pertanian Bogor.
Durahim dan Hendromono. 2001. Kemungkinan penggunaan limbah organik sabut kelapa sawit dan sekam padi sebagai campuran top soil untuk media perumbuhan bibit Mahoni (Swietenia macropylla. King). Buletin Penerlitian Hutan. 628:13-26
Gardner, F.P., R.B.Pearce, R.I.Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya (diterjemahkan oleh Herawati Susilo). UI Press, Jakarta
Isro’i. 2007. Pengomposan Limbah Kakao. Makalah Pelatihan TOT Budidaya Kopi dan Kakao. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember. 25-30 Juni 2007.
Lukman, A.H 2011. Sebaran potensi dan pengelolaan Michelia champaca L. In Status Konservasi Jenis-Jenis Pohon Yang Terancam Punah (Ulin, Eboni, dan Michelia) (pp.36-44).
Prawiranata, Harran, W., Tjondronegoro, S. (1995). DasarDasar Fisiologi Tumbuhan Jilid II. Bogor: Departemen Botani. Fakultas MIPA IPB.
Rahayu, A.A.D. dan R Wahyuni.2016. Pengaruh Media Organik sebagai Media Sapih terhadap Kualitas Bibit Bidara Laut (Strychnos lucida R. Brown). Jurnal Penelitian Tanaman Hutan 10 (1): 13-21
Sallisbury F.B and C.W. Ross, 1992. Plant Physiologi. Wadsworth Publishing Company Belmont, California.
Sintia, M. 2001. Pengaruh Beberapa Dosis Kompos Jerami Padi dan Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata Srurt.) [Jurnal]. Tanam an Pangan. Hal 1-7.
Sitompul, S.M. dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. UGM-Press. Yogyakarta.
Surata, I.K.2012. Pertumbuhan Semai Cendana (Santalum album linn.) pada beberapa Ukuran Kantung Plastik di Daerah Semiarid. Balai Penelitian Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Wardiana. E.,dan Herman. M., 2009. Pengaruh Naungan dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blaco)) Airy Shaw. Balai Penenlitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri.
Zakariyya, F 2016. Menimbang Indeks Luas Daun sebagai Variabel Penting Pertumbuhan Tanaman Kakao. Warta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.28(3):8-12.

Authors

Fatria Nova Cristin Ningrum
yarjohan@unib.ac.id (Primary Contact)
Enggar Aprianto
Agus Susatya
Ningrum, F. N. C., Aprianto, E., & Susatya, A. (2020). PERTUMBUHAN BAMBANG LANANG (Michelia champaca L) PADA ORGANIC BLOCK LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DENGAN UKURAN BERBEDA. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 9(1). https://doi.org/10.31186/naturalis.9.1.12073

Article Details