ANALISIS KESESUAIAN KAWASAN TAMBAK UDANG VAMANE (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI DESA PASAR BEMBAH KABUPATEN BENGKULU UTARA

M. Anshar Budi Caniago (1) , Yar Johan (2) , Zamdial Zamdial (3)
(1) Inspektorat Kota Bengkulu , Indonesia
(2) Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Univeritas Bengkulu
(3) Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Univeritas Bengkulu

Abstract

Provinsi Bengkulu secara geografis terletak di Pantai Barat Pulau Sumatera, dengan panjang garis pantai 525 km. Selain potensi perikanan tangkap, juga memiliki potensi perikanan budidaya. Kegiatan perikanan budidaya di wilayah pesisir adalah tambak udang. Kabupaten Bengkulu Utara memiliki potensi yang paling luas untuk pengembangan tambak udang. Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan potensi tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) maka perlu diteliti analisis kesesuaian kawasan di Desa Pasar Bembah Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah Metode Survei. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi lapangan dan data sekunder meliputi literatur-literatur penunjang serta data pendukung lainnya. Kesesuaian kawasan untuk pengembangan tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Desa Pasar Bembah Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara diperoleh luas kawasan yang masuk dalam kategori sangat sesuai adalah 362.20 ha. Adapun nilai Indek Kesesuaian Tambak (IKT) berkisar 66,67-100% dan luas kawasan yang masuk dalam kategori sesuai adalah 42.63 ha, adapun nilai Indek Kesesuaian Tambak (IKT) berkisar 33,34 – 66,66 %. Strategi yang perlu dilakukan dalam pengembangan kawasan tambak udang: 1) Mengoptimalkan pemanfaatan tata ruang untuk pengembangan tambak udang sehingga potensi lahan dapat dioptimalkan sesuai dengan daya dukung lingkungan, 2) Menerapkan manajemen pengelolaan tambak udang dengan konsep biosecurity dan Best Manajemen Pratices (BMP), 3) Bergabung dengan asosiasi tambak udang, 4) Meningkatkan produksi tambak udang dengan menerapkan teknologi super intensif ramah lingkungan, dan 5) Meningkatkan pengawasan terhadap keamanan produk/ menerapkan standar cara berbudidaya udang yang baik.

Full text article

Generated from XML file

References

Afrianto, E. Liviawaty.1991. Teknik Pembuatan Tambak Udang. Kanisius. Bandung.

Bardach, J. E., J. H. Ryther & W. O.

McLarney. 1972. Aquaculture, the Farming and Husbandry of Freshwater and Marine Organism. John Wiley & Sons Inc., New York, London, Sydney, Toronto.

DKP Provinsi Bengkulu., 2017., Rencana Strategis 2016-2021 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu. Bengkulu Ilyas, S., Cholik, F., Poernomo, A., Ismail, W., Arifudin, R., Daulay, T., Ismail, A., Koesoemadinata, S., Rabegnatar, I N.S., Soepriyadi, H., Suharto, H.H., Azwar, Z.I., & Ekowardoyo, S., 1987., Petunjuk Teknis Bagi Pengoperasian Unit Usaha Pembesaran Udang Windu. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Jakarta, 100 hlm Hardjowigeno, S., Widiatmaka, A.S., Yogaswara. 2001., Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Tanah. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor. Mangunsukardjo, K., 1997. Inventarisasi dan Evaluasi Sumberdaya Lahan. Bahan Pelatihan Sistem Informasi Geografis. Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Mustafa. A., Hasnawi., Abbas. S., Syamsu. A. A., 2014., Karakteristik, Kesesuaian dan Pengelolaan Lahan

untuk Budidaya di Tambak Kabupaten Pohuwanto Provinsi Gorontalo. J.Ris. Akuakultur Vol. 9 No. I Tahun 2014: 135-149 Mustafa, A. 2011. Teknologi pendayagunaan tanah sulfat masam untuk akuakultur berkelanjutan. Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Akukultur, Jakarta, 28 November 2011. Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Jakarta, 97 hlm.

Mustafa. A., 2008., Disain, Tata Letak, dan Konstruksi Tambak. Media Akuakultur Volume 3 Nomor 2 Tahun 2008 Utojo, Akhmad. M., Rachmansyah., Hasnawi., 2009., Penentuan Lokasi Pengembangan Budidaya Tambak Berkelanjutan dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Lampung Selatan. J. Ris. Akuakultur Vol. 4 No. 3, Desember 2009: 407-423 Syaugy. A., Vincentius P. S., Risti. E. A., 2012., Evaluasi Kesesuaian Lahan Tambak Udang di Kecamatan Cijulang dan Parigi. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. Vol. 3. No. 2 November 2012: 43-56 Wibowo. A., 2004., Aplikasi SIG untuk Kesesuaian Lahan Tambak. Modul Pelatihan. Laboratorium Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam. BPPT. Jakarta

Authors

M. Anshar Budi Caniago
nasaljoe@yahoo.com (Primary Contact)
Yar Johan
Zamdial Zamdial
Caniago, M. A. B., Johan, Y., & Zamdial, Z. (2020). ANALISIS KESESUAIAN KAWASAN TAMBAK UDANG VAMANE (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI DESA PASAR BEMBAH KABUPATEN BENGKULU UTARA. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 9(2), 33–42. https://doi.org/10.31186/naturalis.9.2.13503

Article Details