ANALISIS KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN BAWAH PADA TIGA KETINGGIAN DI TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA PROVINSI BENGKULU

Mario Norris (1) , Wiryono Wiryono (2) , Yansen Yansen (3)
(1) Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam Universitas Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian UNIB
(3) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian UNIB

Abstract

Tumbuhan bawah merupakan suatu jenis vegetasi dasar yang terdapat dibawah tegakan hutan. Keberadaan tumbuhan bawah dilantai hutan dapat berfungsi dalam mongkonversi tanah dan air, dikarenakan tumbuhan bawah memiliki sistem perakaran yang banyak sehingga menghasilkan rumpun yang rapat dan mampu mencegah erosi tanah, sebagai pelindung tanah dari pukulan air hujan dan aliran permukaan, juga berperan dalam meningkatkan bahan organik dalam tanah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis komposisi jenis tumbuhan bawah, menghitung jenis asli dan asing, dan menghitung indeks keragaman jenis tumbuhan bawahnya pada tiga ketinggian (lokasi penelitian bawah 1200-1250 mdpl, tengah 1500-1550 mdpl, dan atas 1700-1750 mdpl) di Taman Wisata Alam Bukit Kaba Provinsi Bengkulu.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuadrat.Ukuran kuadrat yang digunakan adalah 1x1 meter.Banyaknya jumlah kuadrat mengacu pada kurva species area dengan luasan minimum 50 m2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi tumbuhan bawah pada lokasi penelitian bawah ditemukan 32 jenis 21 famili yang terdiri dari 21 jenis asli dan 11 jenis asing, pada lokasi penelitian tengah ditemukan 34 jenis 24 famili yang terdiri dari 22 jenis asli dan 12 jenis asing, dan pada lokasi penelitian atas ditemukan 31 jenis 15 famili yang terdiri dari 17 jenis asli dan 14 jenis asing. Tingkat keragaman jenis tumbuhan bawah (H’) tergolong tinggi dengan besaran masing-masing pada lokasi penelitian bawah 3.23, tengah 3,24, dan atas 2,83. Indeks kemerataan jenis (E) tergolong tinggi secara keseluruhan dengan besaran masing-masing pada lokasi penelitian bawah 0.93, tengah 0.91, dan atas 0.82.

Full text article

Generated from XML file

References

Balai

KSDA Bengkulu, 2002. Profil Kawasan Konservasi di Wilayah Provinsi Bengkulu. Bengkulu. Hilwan, I.,D.Mulyana,danW.D.Pananjung.

2013. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Sengon Buto (Enterolobium

jenis, tumbuhan asing yang ditemukan sebanyak 12 jenis. Pada lokasi penelitian atas jenis tumbuhan bawah asli yang ditemukan sebanyak 17 jenis, tumbuhan asing yang ditemukan sebanyak 14 jenis.

KESIMPULAN

cyclocarpumGriseb) dan Trembesi (Samanea saman Merr) di Lahan Pasca Tambang Batubara PT Kitadin, Embalut, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Silvikultur Tropika 4(1) : 610. Indriani, L.,A.Flamin,danErna. 2017. AnalisisKeanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah Di Hutan Lindung Jompi. Sulawesi Tenggara. Vol. 3 Halaman 49-58 Rianse, U., dan Abdi. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : Teori dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung. Wijayanti, Y.E. 2011. Struktur dan Komposisi Komunitas Tumbuhan LantaiHutan di Kawasan Cagar Alam Ulolong Kecubung Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Skripsi.IKIP PGRI Semarang. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Pendidikan Biologi (tidak dipublikasikan). Yuniawati, 2013. Pengaruh Pemanenan Kayu Terhadap Potensi Karbon Tumbuhan Bawah dan Seresah di Lahan Gambut (Studi Kasus Di Areal HTI Kayu Serat PT. RAAP Sektor Pelalawan). Provinsi Riau.

Authors

Mario Norris
nasaljoe@yahoo.com (Primary Contact)
Wiryono Wiryono
Yansen Yansen
Norris, M., Wiryono, W., & Yansen, Y. (2020). ANALISIS KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN BAWAH PADA TIGA KETINGGIAN DI TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA PROVINSI BENGKULU. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 9(2), 51–57. https://doi.org/10.31186/naturalis.9.2.13506

Article Details