SIMULASI AQUACROP UNTUK MEMPROYEKSIKAN PRODUKTIVITAS PADI BERDASARKAN SKENARIO PERUBAHAN IKLIM REPRESENTATIVE CONCENTRATION PATHWAYS (RCP) 4.5 DI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Winda Ayu Kusumawati (1) , Mohammad Chozin (2) , Sigit Sudjatmiko (3)
(1) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Perubahan iklim memiliki peran penting dalam keberlanjutan produksi padi. Upaya mitigasi dan renacana aksi terus diupayakan untuk meminimalisasi terjadinya gagal panen oleh sebab itu proyeksi iklim di masa mendatang sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model yang dapat digunakan untuk memproyeksikan produktivitas padi di Kabupaten Bengkulu Utara ketika kondisi iklim berubah. Penelitian ini menggunakan model Aquacrop berdasarkan skenario perubahan iklim Representative Concentration Patways (RCP)4,5 yang divalidasi dengan data observasi parameter iklim dan produktivitas padi di Kabupaten Bengkulu Utara pada kurun waktu tahun 2008 sampai tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data skenario RCP4,5 yang digunakan untuk mengembangkan model Aquacrop 4.0 memiliki kesesuaian yang tinggi terhadap data observasi kecuali pada data paremeter curah hujan. Kondisi iklim di Bengkulu Utara hingga tahun 2050 diproyeksikan hanya mengalami perubahan yang relatif kecil. Penggunaan model Aquacrop untuk memproyeksi produktivitas padi di Bengkulu Utara memerlukan koreksi untuk menghindari bias terlalu tinggi.

Full text article

Generated from XML file

References

Boer, R, Perdinan, Faqih, A, dan Amanah, SA, 2015. Kerentanan dan Pengelolaan Risiko Iklim Pada sektor Pertanian, Sumberdaya Air & Sumber Kehidupan Masyarakat Nusa Tenggara Timur, UNDP-SPARC Project. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutan. Jakarta.

BPS Kabupaten Bengkulu Utara. 2017.

Kecamatan Putri Hijau Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Utara. Argamakmur.

BPS Provinsi Bengkulu. 2012. Provinsi Bengkulu dalam Angka. Bengkulu 496 p.

BPS Provinsi Bengkulu.2015. Produksi Padi dan Palawija Provinsi Bengkulu 2015.
FAO. 2009. AquaCrop: The FAO CropModel to Simulate Yield Response to Water. http://www.fao.org/nr/water/aquacro p.html (diakases pada 25-01-2018). Hadija, H., & Mariam, M. 2015. Simulasi model aquacrop untuk analisis pengelolaan air tanaman padi ladang. Jurnal Galung Tropika, 4(3), 144-151. Ilham, N., Syaukat, Y., & Friyatno, S. (2005). Perkembangan dan faktorfaktor yang mempengaruhi konversi lahan sawah serta dampak ekonominya. SOCA (SocioEconomic of Agriculturre and Agribusiness). Suryadi, Yadi, Denny Nugroho Sugianto, and Hadiyanto Hadiyanto.2017..

"Identifikasi Perubahan Suhu dan Curah Hujan serta Proyeksinya di Kota Semarang." Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. Vol. 14. No. 1. Thomson, A. M., Calvin, K. V., Smith, S. J., Kyle, G. P., Volke, A., Patel, P., ... & Edmonds, J. A. (2011). RCP4. 5: a pathway for stabilization of radiative forcing by 2100. Climatic change, 109(1-2), 77. Van Vuuren, D., K. Riahi, S. Smith, M. Meinshausen, Michael Mastrandrea and Richard Moss. 2009. RCP Extension White Paper. Task Group on Data and Scenarios for Impact and Climate Analysis (TGICA) of the IPCC. IPCC.

Authors

Winda Ayu Kusumawati
nasaljoe@yahoo.com (Primary Contact)
Mohammad Chozin
Sigit Sudjatmiko
Kusumawati, W. A., Chozin, M., & Sudjatmiko, S. (2020). SIMULASI AQUACROP UNTUK MEMPROYEKSIKAN PRODUKTIVITAS PADI BERDASARKAN SKENARIO PERUBAHAN IKLIM REPRESENTATIVE CONCENTRATION PATHWAYS (RCP) 4.5 DI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 9(2), 133–142. https://doi.org/10.31186/naturalis.9.2.13514

Article Details