EVALUASI TERHADAP JALUR HIJAU JALAN KOTA LUBUKLINGGAU KECAMATAN LUBUKLINGGAU TIMUR II PROVINSI SUMATERA SELATAN

Ardea Gattein (1) , Wiryono Wiryono (2) , Guswarni Anwar (3)
(1) Prodi Pengelolaan Sumber Daya Alam, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
(2) Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
(3) Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

Abstract

Bentuk hutan kota yang cukup efektif dalam mengurangi emisi karbon adalah jalur hijau di sekitar jalan lalu lintas dalam kota. Kota Lubuklinggau memiliki posisi geostrategis dengan menjadi kota perlintasan jalur lalu lintas tengah Sumatera. Lubuklinggau Timur II merupakan sebuah kecamatan sebagai pusat di kota Lubuklinggau yang memiliki area perbelanjaan. Banyaknya pembangunan untuk perdagangan maupun perhotelan, mengakibatkan jalur hijau di pusat kota semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan dan mengevaluasi jalan yang memiliki jalur hijau, mengidentifikasi dan mengevaluasi jenis pohon, mengevaluasi kesehatan pohon serta menghitung dugaan cadangan karbon pada jalur hijau di jalan Pusat Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Oktober 2019 pada jalur hijau di jalan Pusat Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Pengambilan data ini dilakukan pada semua jalan yang memiliki jalur hijau di lokasi penelitian. Pengamatan tanaman dilakukan pada tanaman yang termasuk pohon dengan tinggi minimal 1 m dan metode pengamatan pohon dilakukan dengan metode sensus pohon. Pendugaan cadangan biomassa dilakukan dengan menggunakan metode Non Destructive, menggunakan rumus allometrik dari beberapa peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan jumlah jalan yang memiliki jalur hijau jalan di Pusat Kota Lubuklinggau Kecamatan Lubuklinggau Timur II adalah 15 jalan atau 34,1% dari 44 jalan. Jumlah jenis pohon yang ditemukan adalah 28 jenis yang tergolong dalam 18 Famili dengan total tanaman sebanyak 482 pohon. Sebanyak 89,3% jenis tanaman tergolong jenis eksotis. Sebagian besar pohon tergolong sehat. Total biomassa adalah 3.337,87 Ton dan cadangan karbon tersimpan sebesar 1.668,93 Ton.

Full text article

Generated from XML file

References

Aini, L. N., B. H., Isnawan, dan E. R. Saleh. 2015. Evaluasi Ruang Terbuka Hijau di Kota Pekanbaru. Planta Tropika Journal of Agro Science 3 (1): 41 - 51.

Dahlan, E. N. 2004. Membangun Kota Kebun (Garden City) Bernuansa Hutan kota. IPB Press. Bogor. Fandeli, C., Kaharuddin, Mukhlison. 2004.

Perhutanan Kota. UGM. Yogyakarta.

Hairiah, K., dan S. Rahayu. 2007. Pengukuran Karbon Tersimpan di Berbagai Macam Penggunaan Lahan. World Agroforestry Centre – ICRAF. Bogor.

Intani, T. K., E. Tambaru, M. A. Salam. 2013. Keanekaragaman Morfologi Daun Pohon Penghijauan di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar. Jurnal dan Lingkungan 4 (7) : 38 – 44.

Irwan, Z. D. 2005. Tantangan Lingkungan & lansekap Hutan Kota.

Bumi Aksara. Jakarta. Krisnandika, A. A. K., N. Kohdrata, C. G. A. Semarajaya. 2019.

Identifikasi Tanaman Penyerap Pb di Tiga Ruas Jalan Kota Denpasar. Jurnal Arsitektur Lansekap 5 (2) : 225- 232.

Purwasih, H., S. Latifah, A. Sukmana. 2012. Identifikasi Jenis Tanaman di Beberapa Jalur Hijau Jalan Kota Medan. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Putra, A. L. 2016. Evaluasi Jalur Hijau di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan Dan Pendugaan Potensinya untuk Konservasi Jenis Pohon dan Penyerapan Karbon. Skripsi. Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan. Universitas Bengkulu, Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).

San

Fransisco Recreation & Parks Department. 2015. Tree Assessment South Park. HortScience : 1 – 8.

Sutaryo, D. 2009. Perhitungan Biomassa, Sebuah Pengantar untuk Studi Karbon dan Perdagangan Karbon. Wetlands International Indonesia Programme. Bogor.

Uthbah, Z., E. Sudiana, E. Yani. 2017.

Analisis Biomassa dan Cadangan Karbon Pada Berbagai Umur Tegakan Damar (Agathis dammara (Lamb) Rich) di KPH Banyu Mas Timur. Scripta Biologika 4 (2): 119 – 124.

Wiryono, Yansen, Aditya, D. J. Lamhot, and J. Hutahaean. 2018. The Species Diversity and Composition of Roadside Trees in Five Cities in Sumatera, Indonesia.

Biodiversitas 19 (5): 1615 – 1621.

Authors

Ardea Gattein
nasaljoe@yahoo.com (Primary Contact)
Wiryono Wiryono
Guswarni Anwar
Gattein, A., Wiryono, W., & Anwar, G. (2021). EVALUASI TERHADAP JALUR HIJAU JALAN KOTA LUBUKLINGGAU KECAMATAN LUBUKLINGGAU TIMUR II PROVINSI SUMATERA SELATAN. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 10(1), 53–61. https://doi.org/10.31186/naturalis.10.1.17861

Article Details