STRATEGI PENGEMBANGAN BURUNG MURAI BATU (Copsychus malabaricus) BERBASIS KOMUNITAS KICAU MANIA DI KOTA BENGKULU

Ikhsan Jaya (1) , H.D Putranto (2) , Bieng Brata (3) , Edi Soetrisno (4) , Sutriyono Sutriyono (5)
(1) Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu
(2) Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu
(3) Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu
(4) Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu
(5) Program Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji sistem administrasi yang baik dan mengkaji strategi pengembangan murai batu Kota Bengkulu untuk diterapkan dalam pengembagan komunitas murai batu. Respnden dalam penelitian ini sebanyak 57 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, yaitu melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung pada responden Komunitas murai batu dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan. Metode analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif serta analisis SWOT. Pengembangan murai batu berdasarkan komunitas tersebut memiliki strategi peluang dan kelemahan sehingga dapat memanfaatkan pelauang yang ada. Fokus strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah WO (strategi yang meminimalisir kelemahan untuk memanfaatkan peluang). Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah Mensosialisasikan tentang kredit untuk rakyat di bidang peternakan, Pembentukan dan pemantapan komunitas burung murai batu dan Pelatihan tentang pemeliharaan burung murai batu secara intensif.

Full text article

Generated from XML file

References

Anonimous. 2020. Ternyata Begini Cara Strategi PPBM Memotivasi Penangkar Murai Batu untuk Produktif. https://agrobisburung.com/2019/12/ 9/ternyata-begini-cara-strategi-ppbm memotivasi- penangkar-murai-batu untuk-produktif/ [Diakses pada tanggal 8 Juli 2020]
Anonimous (2020) Pengertian Komunitas Manfaat Komunitas dan Beberapa Pertimbangan Dalam Pembentukan Komunitas https://pengertiandefinisi.com/penge tian-komunitas-manfaat-komunitas dan- beberapa-pertimbangan-dalam- pembentukan-komunitas/ (diakses pada tangal 09 Oktober 2020)
Brata et al. 2019. Deskripsi Manajemen Peneliharaan Hewan Potensial Burung Murai Batu : Studi Kasus di Kota Bengkulu. Prosiding. Fakultas Pertanian. Universitas Jambi.
Buchari. A, 2008. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Forum Agri, 2012. Pedoman lengkap menangkar dan mencetak Muarai Batu kelas jawara. Cahaya atma pustaka. Yogyakarta.
Grewal dan Levy. 2008. Marketing. New York: Mc.Graw Hill Storer, T., Robert C. General Zoology. Mc Grewhill Book Company, New York.
Hermawan K. 2019. Pengertian Komunitas.http://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pen gertian-komunitas.html [Diakses pada tanggal 19 Agustus 2019]
Mafaja et al 2019. Kelompok Kicau Mania, Kontes Burung dan Kesadaran Konservasi Burung Kicau Di Kabupaten Blora. Solidarity 8.1. Universitas Negeri Semarang. Halaman 602 – 613.
Mua’rif, Z. 2012. Rahasia penangkaran burung Murai Batu. Lyli Publisher. Yogyakarta.
Okvianto, D. 2017. Tampilan Reproduksi burung murai batu (Copsychus malabaricus) pada penangkaran di Kota Bengkulu. Skripsi. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.
Peraturan Pemerintah (PP) No. 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Bab IX: Pemeliharaan untuk Kesenangan Pasal 37 ayat (1) dan (2).
Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta
Putranto et al. 2018. Studi Reproduksi Burung Murai Batu (Copsychus malabaricus) pada Penangkaran Lokal di Kota Bengkulu. Jurnal Sain Peternakan Indonesia. Volume 13 Nomor 2 edisi April- Juni 2018. Halaman 130-139.
Putaranto et al. 2020. Ex-Situ Population of White-rumped Shama (Copsychus malabaricus): Studies of Density, Distribution and Bird Keepers in Bengkulu, Sumatera. Biodeversity. Volume 21, Nomor 3, Maret 2020. Halaman 869-874.
Rangkuti, F . 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Stategis Untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sano et al. 2019. Perancangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Komunitas Penggemar Burung Kicau. Journal Of Technology Information. Volume 5 No

Authors

Ikhsan Jaya
biengbrata@unib.ac.id (Primary Contact)
H.D Putranto
Bieng Brata
Edi Soetrisno
Sutriyono Sutriyono
Jaya, I., Putranto, H., Brata, B., Soetrisno, E., & Sutriyono, S. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN BURUNG MURAI BATU (Copsychus malabaricus) BERBASIS KOMUNITAS KICAU MANIA DI KOTA BENGKULU. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 10(2), 289–297. https://doi.org/10.31186/naturalis.10.2.20396

Article Details