STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KOTA MEDAN KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Yeti Marleni (1) , Rohidin Mersyah (2) , Bieng Brata (3)
(1) Mahasiswa Program Studi Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan , Indonesia
(2) Staf Pengajar Luar Biasa Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (S2) Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Staf Pengajar Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (S2) Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

 

Sampah dapat menjadikan masalah dan juga dapat bermanfaat dalam menguatkan kehidupan ekonomi masyarakat. Berbagai jenis sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga dan industri apabila tidak dapat dikelola secara baik dan benar, dapat berpotensi untuk melemahkan ekonomi masyarakat karena akan menyerap dana yang cukup besar untuk penanganannya baik dari segi kebersihan, kesehatan maupun lingkungan. Manfaat penelitian ini adalah untuk strategi pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Kota Medan dan sebagai sumbang saran dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan di Kota Manna, khususnya dalam hal kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Waktu dan lokasi penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai April 2012 di Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Data dalam penelitian ini bersumber dari Kepala Keluarga di Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 100 Kepala Keluarga yang diambil dari 12 RT. Variabel dalam penelitian ini yaitu: jumlah dan jenis sampah keluarga, peran anggota keluarga dalam pengelolaan sampah, pengelolaan sampah rumah tangga dan sistem pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Kota Medan.

Jenis sampah organik sering ditemui di rumah sebanyak 41%, jenis sampah anorganik sering ditemui di rumah 47%, dukungan terhadap pengelolaan sampah rumah tangga sebanyak 48%, ketertarikan mengolah sampah rumah tangga menjadi bermanfaat sebanyak 47%, ketertarikan mengolah sampah rumah tangga menjadi kompos sebanyak 54%, pengelolaan sampah rumah tangga menjadi barang yang bernilai jual di pasaran 58%.

Analisis SWOT/EFAS meliputi kekuatan (strengths); sampah organik dapat diolah lagi menjadi kompos, sampah anorganik bisa dimanfaatkan kembali, kelemahan (weknesses); masih terdapatnya masyarakat yang belum mengetahui cara mengelola sampah organik menjadi kompos, perlunya perhatian pemerintah dalam pengelolaan sampah, peluang (oppurtnunites); mengubah pola pikir masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, kesempatan bagi masyarakat untuk kreatif dan bisa memanfaatkan sampah, ancaman (threats); apabila tidak ada strategi pengelolaan sampah tersebut, maka volume sampah di kelurahan kota medan akan semakin bertambah banyak, sampah-sampah yang tidak dikelola tersebut akan menumpuk dan menimbulkan dampak yang negatif.

Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan agar tercipta lingkungan yang bersih dan meningkatkan pendapatan keluarga dengan cara mengelola sampah organik menjadi kompos dan sampah anorganik menjadi kerajinan/barang yang benilai jual di pasar.

 

Kata kunci: Sampah, Pengelolaan, Kompos, Kerajinan

Full text article

Generated from XML file

References

Assilawati, 2010. Pengelolaan Sampah Secara Komunal dalam Menunjang Kebersihan Lingkungan di Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Tesis, Program

Studi Pascasarjana Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

¬Ecolink. 1996. Penanganan dan Pengelolahan Sampah. Jakarta: Gramedia.

Hadiwiyoto. 1990. Cara Praktis Membuat Kompos. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Kantor Camat Kota Manna. 2011.

Nisandi. 2007. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Yayasan Mutiara.Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 8 Tahun 2002. Retribusi Pelayanan Kebersihan.

Poerwardarminta. 1976. Model Pengelolaan Sampah. Bandung: Bina Cipta.

Prihanto. 1996. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Swadaya.

Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Slamet. 2000. Klasifikasi dan Penggolongan Jenis Sampah : Jakarta : Gramedia.

Soemarwoto. 1989. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu.1994. Kamus Istilah lingkungan.

Authors

Yeti Marleni
yetimarleni@yahoo.com (Primary Contact)
Rohidin Mersyah
Bieng Brata
Marleni, Y., Mersyah, R., & Brata, B. (2018). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KOTA MEDAN KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.31186/naturalis.1.1.5915

Article Details