RANCANG BANGUN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LAHAN SAWAH PADA KAWASAN DAS PADANG GUCI KABUPATEN KAUR

Herwan Herwan (1) , M. Faiz Barchia (2) , Bandi Hermawan (3)
(1) Program Studi Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu , Indonesia
(2) Jurussan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurussan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Beras adalah komoditas strategis karena menjadi makanan pokok  masyarakat Indonesia yang jumlahnya hampir mencapai 240 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan produksi bahan pangan akan menimbulkan permasalahan pangan. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah ketersediaan pangan adalah mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian dengan meningkatkan irigasi pada daerah aliran sungai sehingga indeks pertanaman dapat meningkat. Potensi pengembangan lahan pertanian tanaman pangan padi sawah yang telah dikembangkan di Kabupaten Kaur adalah seluas 7.867 Ha. Teknologi usaha tani dan pengolahan hasil, yaitu peningkatan sistem irigasi, pengelolahan tanah, pemupukan, penggunaan benih unggul, pengendalian hama-penyakit-gulma tanaman, perontokan padi, pengeringan gabah, penggilingan padi, dan lumbung padi harus dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas lahan yang selama ini terkategori masih rendah (4,21 ton/ha) dibanding dengan produktivitas padi nasional dan potensi genetik masing-masing varietas yang ditanam pada persawahan di DAS Padang Guci. Fasilitasi peningkatan sarana-prasarana produksi dan pengolahan hasil harus ditingkatkan sesuai dengan rencana pengembangan yang disusun dalam rancang bangun peningkatan produktivitas lahan sawah di DAS Padang Guci.

 

Kata kunci:  rancang bangun, produktivitas padi, DAS Padang Guci

Full text article

Generated from XML file

References

Adnyana, M.O., I G.M. Subiksa, H. Pane, dan D.K.S. Swastika. 2005. Arah dan Prospek Pengembangan Tanaman Pangan di Lahan Rawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Badan Litbang Pertanian.

Dinas Pertanian Kabupaten Kaur. 2012. Statistik Pertanian Kabupaten Kaur 2011. Bintuhan.

Makarim, A.K., M. Oka A., I G.M. Subiksa, dan Adiwijono. 2007. Model Pengembangan Lumbung Pangan di Kawasan Timur Indonesia: Merauke, Seram dan Buru. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Badan Litbang Pertanian.

Pramono, J., S. Kartaatmadja, dan H. Supadmo. 2001. Efisiensi Pemanfaatan Sumberdaya pada Usahatani Padi Sawah di Kab. Sragen, Jawa Tengah. Makalah Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian. Mataram, 30 – 31 Oktober 2001.

Promono, dkk. 2005. Upaya Peningkatan Produksi Padi Sawah Melalui pendekatan Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu. Jurnal Agrosains 7 (1) : 1-6.

RPJMD Kabupaten Kaur. 2011. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kaur. 2011. Bintuhan.

Subiksa, I. G. M. 2008. Prospek Pengembangan Rice Estate di Kabupaten Merauke: Tinjauan dari Aspek Pengelolaan Tanah dan Air. Jurnal Sumberdaya Lahan Vol. 2 No. 2, Desember 2008

Subiksa, I G.M. dan N.P.S. Ratmini. 2008. Pengaruh kapur dan fosfat alam terhadap pertumbuhan dan produksi padi pada lahan sulfat masam Telang Sumatera Selatan. Paper pada Pertemuan Ilmiah Tahunan HITI di Sumatera Selatan (Unpublished).

Yuliansyah, A. 2008. Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Panjang dan Pantai Nala Bengkulu. Skripsi Jurusan Perencanaan Wilayah Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.Malang

Authors

Herwan Herwan
herwan@yahoo.com (Primary Contact)
M. Faiz Barchia
Bandi Hermawan
Herwan, H., Barchia, M. F., & Hermawan, B. (2018). RANCANG BANGUN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LAHAN SAWAH PADA KAWASAN DAS PADANG GUCI KABUPATEN KAUR. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31186/naturalis.1.1.5918

Article Details